Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Optimasi Pencarian Dengan Content is King

"Optimasi Pencarian Dengan Content is King, + Google Webmaster Tool (Google Search Console) akan mengoptimalkan mesin pencari untuk mengindeks menurut tingkat akurasi kata kunci atau rasio pengunjung atas sebuah artikel sehingga memungkinkan berada pada rangking teratas halaman pertama pencarian"

P ernahkan anda membayangkan, suatu ketika anda punya keinginan terhadap sesuatu, ambil contoh anda ingin buah melon. Tiba-tiba abra kadabra...melon ada dihadapan anda seperti sebuah adegan sulap yang sering anda tonton di TV.

Keadaan ini sepertinya tidak mungkin terjadi pada kita, kecuali pada orang-orang tertentu yang merupakan orang pilihan sebagaimana pernah terjadi pada kisah-kisah para Nabi dan Waliullah yang sering kita baca atau dengar.

Tetapi tunggu dulu, saat ini jaman sudah berubah. Informasi semakin mudah dan gampang dengan adanya layanan internet yang semakin mudah kita akses. Hampir setiap orang saat ini sudah memiliki smartphone baik muda maupun tua, dari anak usia Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi bahkan sampai pada kategori kakek dan nenek.

Lantas apa hubungannnya dengan abra kadabra diatas. Coba anda gunakan android anda, coba ketikkan keinginan anda dengan kata kunci yang tepat sesuai keinginan anda. Satu contoh anda ingin melon, maka akan segera muncul melon baik berupa gambar, video, berita dan informasi dimana anda bisa memperolehnya.

Ini menunjukkan paling tidak setengah keinginan anda sudah terpenuhi. Setengahnya tinggal anda harus action, anda mau beli atau tidak. Jika anda lanjutkan dengan membeli, maka tak butuh waktu lama, sesuai dengan jarak tempuh, barang akan segera datang kerumah anda.

Ilustrasi diatas memberikan gambaran banyak kepada kita khususnya bagi mereka yang memiliki situs baik blogger maupun website lainnya bahwa keberadaan mesin pencari saat ini amatlah penting dan dibutuhkan. Semakin hari semakin banyak orang menggunakan mesin pencari untuk memeperoleh informasi disana.

Apa itu mesin pencari?

Trulli

Menurut laman Wikipedia Mesin Pencari Web adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Mesin pencari merupakan perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang sering kali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.

Mesin pencari yang sangat popoler saat ini adalah Google. Kisaran 70 persen orang diseluruh dunia saat ini menggunakan layanan ini, sampai-sampai orang menyebutnya dengan sebutan mbah Google, dari saking populernya sebagai layanan mesin pencari.

Adalah sebuah impian bagi seorang yang memiliki situs atau website untuk bisa tampil di mesin pencari, khususnya situs-situs yang bergerak dalam dunia bisnis seperti perusahaan, perdagangan seperti toko, ritel, grosir dan bisnis-bisnis online lainnya. Apalagi muncul pada rangking teratas halaman pencarian situs, atau paling tidak muncul pada halaman pertama, kemungkinan untuk dibaca pengunjung lebih terbuka. Dengan banyaknya pengunjung, maka kemungkinan untuk terjadinya transaksi bisnis lebih terbuka dari pada yang sepi pengunjung.

Upaya untuk memperoleh posisi paling atas dalam sebuah mesin pencari bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami  jika anda berangkat dari awal.

Jika anda seorang pemula dalam mengelola sebuah website, baik itu blogger, wordpress dan lainnya, pemahaman menaikkan rating sebuah blog dalam mesin pencari ini perlu anda ketahui, mulai dari pemahaman dasar sampai pada apa yang dikenal dengan tehnik SEO ( Search Engine Optimization ).

Apa itu SEO ?

Search Engine Optimization atau lebih dikenal dengan singkatan " SEO " adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan performa website di mata mesin pencari seperti Google, Yahoo search, Ask.com, Bing, Baidu dan lainnya.

Optimasi ini bertujuan untuk menampilkan sebuah situs atau web pada posisi rangking teratas hasil pencarian atau sedikitnya berada pada halaman pertama sesuai kata kunci yang dimasukkan.

Menurut laman Wikipedia "SEO" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawling, indexing, dan ranking.

Jadi untuk meningkatkan trafik pengunjung sebuah situs harus dilakukan secara sistematis dan bertahap. Mulai dari dasar, seperti mengoptimalkan pengaturan pada dasbor blog/web, mengunakan template yang menarik, cepat, responsible dan akomodatif pada semua perangkat, mengoptimalkan FeedBurner, memberi favicon dan lain sebagainya.

Dan yang paling utama dalam sebuah blog/website adalah soal isi yaitu postingan atau artikel. Ada ungkapan yang populer dan menarik di blogger atau website atau media-media online yaitu Content is King. Jadi SEO utama dalam sebuah blog/website ' konten adalah raja '.

Content is King.

Content is King artinya isi adalah raja. Postingan atau artikel pada sebuah blog atau website merupakan penentu sebuah keberhasilan, ibarat seorang raja. Di Google atau di mesin pencari yang lain, pengguna atau pengunjung ingin mencari sebuah informasi. Content atau isi adalah sebuah informasi.

Blog atau website yang senantiasa mengupdate arikel secara rutin dan bekesinambungan akan memungkinkan visitor atau pengunjung untuk mampir mencari informasi. Bisa dikatakan sebuah blog atau website yang sukses adalah blog yang banyak pengunjung, populer, berpengaruh dan tentu saja menghasilkan uang.

Untuk itu konten harus menjadi perhatian yang utama disamping yang lain. Tetapi bukan berarti yang lain tidak harus diperhatikan atau ditinggalkan. Bagaimana mungkin seorang raja bisa tinggal dalam sebuah istana yang tidak terawat dan menarik. Seorang raja sepantasnya memiliki sebuah istana yang megah agar tamu dan keluarga istana betah berada didalamnya. Jadi harus ada keseimbangan antara konten dan wrappernya.

Soal isi konten, mungkin andalah yang paling tahu. Yang jelas konten harus menarik dan berkualitas, ada kesesuaian antara judul dan isi, memberi manfaat atau berguna bagi diri atau orang lain dan isinya dapat dipercaya.

Apakah semua indikator diatas sudah cukup untuk menaikkan rating sebuah situs?. Tunggu dulu. Ada satu lagi yang perlu anda ketahui, yaitu anda harus menyandingkan antara Content is King dengan mesin pencari yang menjadi raja saat ini yaitu Google.

Google Webmaster Tool

Google Webmaster Tool adalah sebuah alat mesin pencari yang dibuat oleh Google untuk mengoptimalkan Content is King agar dengan cepat terindek dan dikenal di mesin pencari Google, sehingga postingan kita berada pada rangking teratas atau setidaknya ada pada halaman pertama pencarian.

Situs kita harus didaftarkan pada Google Webmaster Tool ini, yang sekarang dikenal dengan Google Search Console. Bagaimana cara dan langkah-langkahnya, ikuti paparannya dibawah ini:

1. Anda masuk dulu ke situsnya: https://search.google.com/search-console/about

2. Login dengan akun Gmail anda. Maka akan tampil dua pilihan sebagaimana gambar 1 dibawah ini. Pilih salah satu, maka akan tampil antar muka baru sebagaimana gambar 2. Kepemilikan akun anda secara otomatis akan diverifikasi.

 

 

Gambar 1. Gambar 2.

3. Ikuti terus sesuai petunjuk, maka akan tampil seperti gambar 3, Selamat datang di Google Search Console baru, klik mulai, maka akan tampil gambar nomer 4. Perhatikan tulisan yang ada diatas garis merah, situs anda akan di proses dan diminta untuk memeriksa kembali pada keesokan harinya. Selesai.

Pada Google Search Console yang baru ini, tidak diminta lagi untuk meletakkan Meta Tag atau HTML Tag( berupa script HTML ) pada template blog/web kita sebagaimana halnya versi lama, karena versi baru ini sinkronisasi dilakukan secara otomatis saat proses di Google Search Console sudah selesai.

 

 

Gambar 3. Gambar 4.

4. Sampai disini pekerjaan masih belum selesai sebenarnya. Pekerjaan lanjutan, anda harus memasukkan peta situs atau sitemap kedalam Google Seacrh Console ini. Jika anda masih belum punya, maka anda harus masuk lagi ke situs pembuat sitemap. Tinggalkan dulu Google Search Console, anda masuk ke pembuat Sitemap. Daftarkan situs anda sampai anda memperoleh peta situs berupa file xml.

Alamat situsnya adalah: https://www.xml-sitemaps.com/

Tampilan antarmuka situs akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Masukkan URL situs anda seperti gambar 5 dibawah, klik start, tool akan memproses beberapa saat hingga selesai, maka akan tampil seperti pada gambar 6.

 

 

Gambar 5 Gambar 6.

5. Setelah anda memperoleh Sitemap, anda kembali lagi ke Google Search Console. Pada laman sebelah kiri, klik peta situs >> isikan URL peta situsnya, ikuti petunjuk sebagaimana gambar dibawah ini.(https://www.nurah1962.com/sitemap.xml >> ganti URL situs dengan URL situs anda)

Trulli

6. Proses selesai.

Demikianlah rangkaian cara Optimasi Pencarian Dengan Content is King, dimana isi adalah raja pada sebuah situs; plus menggunakan Google Webmaster Tool terbaru yang kita kenal dengan Google Search Console agar artikel kita cepat dikenali dan diindeks sehingga tampil diurutan teratas pencarian. 

Tak ada yang sempurna untuk itu kritik dan saran kami harapkan dan kita bisa sharing dikolom komentar untuk kebaikan.  Semoga bermanfaat sampai jumpa pada postingan berikutnya.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

3 comments for "Optimasi Pencarian Dengan Content is King"

  1. Mantap. Teruslah berkarya dan berbagi. Berbagi itu indah.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas dukungan dan kunjungannya. Sering-seringlah berkunjung karena membaca dan menulis itu juga indah dan mengasyikkan....heee

    ReplyDelete
  3. Casino of Chance Casino Review 2021 - 나비효과.com
    Casino septcasino of Chance Casino is licensed in Costa Rica 나비효과 and is one of the best casinos owned by the company. 토토 Players can get a great welcome bonus and  Rating: 4.5 · 토토사이트 ‎Review https://deccasino.com/review/merit-casino/ by Casino.in

    ReplyDelete