Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Favicon, Cara Membuat dan Memasang Di Blogger Versi Baru

B agi blogger pemula bisa jadi belum mengenal apa itu Favicon. Favicon ini jarang menjadi perhatian kita, karena disamping ukurannya yang memang kecil sehingga terlihat nampak spele, juga karena pengaruhnya terhadap tampilan keseluruhan sebuah website kurang begitu nampak. Perhatian kita biasanya lebih tertuju pada tema atau template dan domain yang tepat dari sebuah website.

Pada blog atau website yang sudah mapan, seperti website bisnis dan perkantoran, favicon ini menjadi hal yang penting, karena terkait dengan image dan tampilan sebuah website yang menunjukkan ciri khas sebuah website sehingga nampak lebih menarik dan terlihat lebih profesional. Pengelola sebuah website bisnis, perusahaan atau perkantoran biasanya memasang logo dari sebuah perusahaan untuk dijadikan favicon.

Apa itu Favicon ?

Favikon merupakan singkatan dari " Favorite Icon " Icon berasal dari bahasa Inngris, artinya lukisan atau gambar yang menunjukkan sebuah ciri khas; maskot atau lambang. Jadi Favorit Ikon adalah maskot atau lambang favorit atau kesukaan.

Favicon dikenal di blooger atau website sebagai ikon unik yang berfungsi sebagai identitas dari blog atau website. Favicon Blogger tampil pada bagian tab browser secara default dengan ikon kecil berlambang huruf B dengan background merah. Blogger menyediakan ruang kepada kita untuk mengubah dan mengganti ikon itu menjadi ikon blog milik kita sendiri.

Menurut laman Wikipedia Favicon adalah ikon utama yang muncul pada address bar suatu laman web dan merupakan logo dari laman web tersebut; juga dikenal sebagai shortcut icon, website icon, URL icon, atau bookmark icon.

Karena pengaruhnya yang bagus untuk tampilan blog atau website dalam pandangan pengunjung website, maka alangkah naifnya jika kita tidak memanfaatkan fitur ini untuk tampilan blog kita juga. Blog kita akan terlihat menjadi lebih menarik dari biasanya.

Cara Membuat Favicon.

Sebelum membuat favikon ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena tampilan favicon sangat kecil, maka cara membuat gambarnya ada beberapa persyaratan, diantaranya adalah:

* Ukuran filenya juga harus kecil, tak boleh lebih dari 100 kb.

* Format file sebaiknya PNG, karena background bisa transparan, walaupun format lainnya juga bisa seperti JPEG, Ico dan Gif.

* Bentuk favicon harus persegi dengan ukuran yang sama seperti 20 x 20 px. Ukuran defaultnya adalah 16 x 16 pixel.

Bagaimana cara membuatnya, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Jika anda punya kemampuan untuk membuat favicon dengan aplikasi editing foto seperti Fhotoshop, PhotoFiltre dan lain sebagainya itu lebih baik, tetapi jika anda belum punya kemampuan itu maka alternatif pilihan bisa anda ikiuti cara ini dengan masuk ke situs https://www.favicon.cc/

2. Setelah laman diatas terbuka anda bisa berkreasi dengan membuat icon versi anda sendiri seperti terlihat pada gambar 1 dibawah ini.

Gambar 1.

3. Scroll kebawah untuk melihat tampilan kreasi anda dengan melihat previewnya, setelah dirasa pas hasilnya maka download seperti gambar 2 dibawah ini.

Gambar 2.

Cara Memasang Favicon

Untuk memasang favicon pada blogger mungkin perlu sedikit anda ketahui tentang perbedaan tampilan antar muka blog versi tahun 2020 dan versi lama tahun-tahun sebelumnya. Karena sejak tahun 2020 banyak perubahan pada tampilan antar muka blogger termasuk tempat untuk favicon. Menurut informasi dari Google versi ini akan dipakai seterusnya pada tahun-tahun mendatang.

Sebenarnya ada dua jalan atau cara untuk memasang favicon pada blogger. Cara pertama bisa masuk melalui Tema pada edit HTML. Cara ini mungkin agak ribet karena harus membuat alamat URL favicon dulu kemudian alamat URL ini baru kita masukkan ke laman edit HTML.

Seadangkan cara kedua, langsung masuk pada pengaturan atau setelan pada dasbor. Untuk versi tahun 2020 yang dikenal dengan versi beta ini dapat anda ikuti langkah-langkahnya pada paparan dibawah ini:

1. Masuk dasbor blog, klik setelan atau pengaturan kemudian pilih Favikon seperti pada gambar dibawah ini.

Gambar 3.

2. Setelah anda klik favikon maka akan tampil seperti gambar 3. Klik Choose file seperti terlihar pada gambar 4, maka akan terbuka jendela untuk mencari file favikon yang telah anda buat pada situs pembuat Favicon diatas. Pada gambar 5 tampilan favikon telah muncul, selanjutnya anda tinggal tekan simpan...selesai.
 


Gambar 4. Gambar 5.

Lihat perubahan tampilan blog anda, akan berubah pada tab browser diatas dari ikon blogger menjadi icon milik blog anda sendiri. Jika tidak segera tampil, tunggu beberapa saat, bahkan kadang harus menunggu satu sampai dua hari baru ada perubahan.

Demikian pembahasan tentang Favikon dan Cara Memasang di Blogger Versi Baru, mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada hal yang belum dimengerti atau ada salah informasi, saran dan komentar kami harapkan untuk perbaikan....sampai jumpa pada postingan berikutnya.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Favicon, Cara Membuat dan Memasang Di Blogger Versi Baru"