Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Optimasi Situs Dengan Yandex Webmaster Tool.

" Search Engine Optimization ( SEO ) atau Optimasi Mesin Pencari dengan Yandex Webmaster Tool ini adalah merupakan layanan analytics gratis yang disediakan oleh Yandex. Layanan ini mirip dengan Google Search Console punya Google dan Bing Webmaster Tools milik Microsoft."

S aya termasuk orang baru dalam dunia blogger. Seorang pemula ini dikenal juga dengan istilah newbie dan sayapun baru mengenal istilah ini tidak lama, bersamaan dengan istilah lain yang merupakan kebalikannya yaitu mastah yang merupakan plesetan dari master. Kata Mastah dan Newbie ini adalah bahasa slank yang seringkali dipakai dalam dunia maya atau internet baik di Blogger / Website, Medsos, Game dan lainnya.

Namun kali ini saya tidak akan membahas kedua istilah itu, keduanya hanyalah merupakan pengantar saya untuk masuk pada bahasan yang menurut saya juga baru, dan baru mengenal layanan email yang satu ini yaitu Yandex Mail dan Cara Optimasi Situs Dengan Yandex Webmaster Tool

Selama ini saya hanya mengenal dan memakai layanan email dari Yahoo dan Gmail. Yahoo Mail adalah penyedia layanan email gratis yang diluncurkan pada tahun 1994. Disusul kemudian baru Gmail tahun 2004 dan merupakan layanan email gratis terbesar saat ini dengan pengguna sekitar 2 milyar lebih di seluruh dunia.

Bagi saya yang newbie dan masih awam tentang Tehnologi Informasi, menggunakan layanan Yahoo dan Gmail ini sudah lebih dari cukup. Ternyata persepsi ini kurang tepat, banyak layanan email gatis lain yang perlu kita ketahui seperti Mail.com, Zoho, Outlook, AOL.Mail, Yandex Mail, Lycos, ProtonMail, Tunanota, iCloud Mail, 10 Minute Mail dan layanan email berbayar lainnya.

Apa itu Yandex Mail?

Yandex Mail adalah layanan email yang berasal dari Negara Rusia yang kegunaannya sama dengan Yahoo Mail, Gmail dan lainnya. Yandex Mail adalah produk dari Yandex NV yang berpusat di Rusia.

Menurut laman Wikipedia Yandex NV adalah sebuah perusahaan multinasional Rusia yang mengkhususkan dirinya dalam produk dan layanan yang berhubungan dengan Internet, termasuk transportasi, pencarian dan layanan informasi, eCommerce, navigasi, aplikasi mobile, dan iklan online.

Salah satu produk dari Yandex NV ini adalah Yandex Webmaster Tool yakni sebuah situs yang memberikan layanan gratis bagi pemilik situs agar artikel yang kita posting bisa cepat terindeks pada mesin pencari, sehingga artikel kita bisa dikenal oleh pembaca di seluruh dunia, khususnya Rusia, Eropa dan sekitarnya.

Jadi Yandex Mail adalah produk dari Yandex NV ini, yang bisa kita gunakan untuk mendaftarkan situs atau bolg/web kita pada salah satu mesin pencari atau search engine milik Yandex NV yang dikenal dengan Yandex Webmaster Tool. Apa itu Yandex Webmaster Tool, mari kita ikuti paparannya setelah kita tahu apa itu Yandex Mail.

Cara Membuat Yandex Mail.

Perlu anda ketahui bahwa Yandex adalah termasuk mesin pencari yang banyak di gunakan di dunia dengan menempati ranking kelima setelah Google, Baidu, Bing, dan Yahoo!

Bagaimana caranya membuat email Yandex, mari kita ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Langkah pertama anda masuk ke situs: https://yandex.com/

2. Dibawah ini merupakan tangkapan layar jika anda masuk dengan perangkat mobil atau android. Pada gambar 1 adalah tampilan atarmuka ketika kita baru masuk seperti pada langkah pertama. Klik sesuai anak panah, maka akan tampil seperti gambar 2. Setelah anda klik Create an account maka akan tampil seperti gambar 3. Anda tinggal isi, semua isiannya sampai selesai, maka anda akan memperoleh sebuah email dari Yandex yang bentuknya seperti ini: Namaemail@yandex.com


 

Gambar 1. Gambar 2. Gambar 3.

3. Berikut tampilan layar jika anda masuk melalui PC/ atau Laptop. Gambar 4 adalah tampilan antar muka ketika anda sudah memiliki Yandex Mail. Gambar 5 adalah tampilan jika anda sudah masuk ke Yandex Mail.



Gambar 4. Gambar 5.

5. Jika anda mau melakukan pencarian sebagaimana layaknya mbah Google maka gunakan tampilan antar muka seperti pada gambar 4. Anda ketikkan kata kunci apa saja yang ingin anda cari, maka dalam hitungan detik akan tampil apa yang anda cari seperti gambar dibawah ini.

Trulli

Yandex Webmaster Tool

Setelah memiliki akun Yandex, maka kita bisa mendaftarkan situs kita ke Yandex Webmaster Tool. Search Engine Optimization ( SEO ) atau Optimasi Mesin Pencari dengan Yandex Webmaster Tool ini adalah merupakan layanan analytics gratis yang disediakan oleh Yandex.

Layanan ini mirip dengan Google Search Console punya Google dan Bing Webmaster Tools milik Microsoft. Saat ini Bing sudah bekerja sama dengan Yahoo search, sehingga jika kita mensubmit URL artikel kita ke satu situs saja yaitu Bing, maka artikel kita akan secara otomatis ikut tampil di Yahoo Search.

Bagaimana cara memasukkan URL situs kita ke Yandek Webmaster Tool mari kita ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Langkah pertama masuk ke situs: https://webmaster.yandex.com/welcome

2. Klik login sesuai Gambar 1 dibawah, maka akan tampil seperti Gambar 8, anda isikan email Yandex yang sudah anda buat, kemudian klik login maka akan tampil seperti Gambar 9 dibawah ini.




Gambar 7. Gambar 8. Gambar 9.

2. Berikutnya klik Go, tambahkan atau Add URL situs anda, maka tunggu beberapa saat situs anda akan terdaftar di Yandex Webmaster Tool, kemudian anda akan memperoleh script berupa HTML tag atau meta tag.

3. Langkah berikutnya, anda diminta untuk sinkronisasi dengan menempatkan meta tag yang diperoleh dari Yandex itu untuk dimasukkan ke dalam template anda. Caranya masuk ke edit HTML, letakkan script itu sebelum </head>, jangan lupa simpan.

Trulli

Anda kembali lagi ke situs Yandex, silahkan anda klik Check, maka akan tampil sinkronisasi antara situs anda dengan Yandex.

4. Proses masih belum selesai, tinggal satu langkah lagi. Pada halaman kiri Yandex Webmaster, anda klik Indexing >>Sitemap File, anda dimimta untuk menambahkan Sitemap atau peta map situs anda, seperti telihat pada gambar dibawah. Jika anda belum membuat Sitemap situs anda, buat dulu dengan cara masuk ke situs:
https://www.xml-sitemaps.com/
Bagaimana cara membuat Sitemap, silahkan anda buka disini

Trulli

5. Peoses selesai.

Demikian tutorial cara Optimasi Situs Dengan Yandex Webmaster Tool, jika ada hal yang kurang jelas, kita bisa sharing di kolom komentar, mudah-mudahan bermanfaat...sampai jumpa pada postingan berikutnya.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Cara Optimasi Situs Dengan Yandex Webmaster Tool."