Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan File PDF di Blog

B agi teman-teman yang aktif di blogger seringkali kita membuat artikel atau postingan yang didalamnya ingin menampilkan sebuah data pendukung yang perlu di ketahui oleh pengunjung. Data tersebut bisa berupa, foto, video, musik,  file data PDF dan lain sebagainya.

Agar supaya data itu bisa tampil dihalaman postingan, maka ada beberapa cara yang perlu kita ketahui. Namun kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara mudah menampilkan data berupa file data PDF, sehingga mudah dibaca dan diakses jika diperlukan oleh pengunjung blog.

File data PDF ini biasanya dimaksudkan untuk memberi kelengkapan informasi tambahan pada postingan blog agar maksud dari postingan tersampaikan secara lebih lengkap kepada pengunjung blog.

Bagaimana caranya menampilkan file PDF ini, ikuti paparannya dibawah ini langkah demi langkah.

1. Upload file PDF ke Google Drive kita. Tentu teman-teman sudah tahu cara mengupload file PDF ke Google Drive.

2. Klik kanan file PDF yang ada di Google Drive, kemudian klik Bagikan seperti pada gambar 1, maka tampilan antar muka akan berubah seperti gambar 2. Klik tulisan ganti berwarna biru di pojok kiri bawah, maka akan tampil seperti gambar 2 dibawah dengan opsi Siapa saja yang memiliki link, kemudian klik Selesai.



Gambar 1. Gambar 2.

Cara diatas dilakukan jika kita ingin berbagi sepenuhnya, selain tampil pada halaman postingan nanti,  kita juga ingin berbagi dengan orang lain termasuk pengunjung blog bisa mendownload file PDFnya.

Tetapi jika anda hanya sekedar ingin berbagi agar bisa dibaca oleh orang lain, maka langkah diatas tidak perlu dilakukan, cukup langsung masuk pada langkah berikut ini.

3. Kembali cara yang sama kita lakukan seperti pada gambar 1 diatas, tetapi yang di klik adalah pratinjau, gambar kecil seperti mata.

Gambar 3.

4. Setelah klik pratinjau maka tampilan antar muka berubah seperti gambar 4 dibawah ini. Anda klik tanda titik tiga bersusun kebawah pada pojok kanan atas dasbor, akan muncul beberapa opsi pilihan. Klik Buka di jendela baru,maka akan tampil antar muka baru seperti pada gambar 5. 

Klik kembali titik tiga bersusun kebawah dipojok kanan atas, akan tampil beberapa opsi pilihan, klik Sematkan item seperti ditunjukkan anak panah.

 

Gambar 4. Gambar 5.

5. Langkah selanjutnya akan tampil script HTML berupa iFrame file PDF seperti pada gambar 6 dibawah ini, yang akan kita sematkan  nanti pada postingan  blog. 


Gambar 6.

6. Langkah berikutnya adalah kita copy script HTML diatas, kemudian kita pasang pada postingan blog. Caranya kita ubah dulu tampilan antar muka dasbor blog kita pada mode HTML, seperti dibawah ini.

Trulli

7. Langkah selanjutnya, ubah tampilan antar muka dasbor menjadi mode compose atau tampilan menulis, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Selesai

Gambar 7.

Jika anda penasaran bagaimana hasilnya, lihat pratinjau sebelum anda mempublikasikan postingan. Caranya klik tanda berbentuk mata dipojok kanan atas dasbor . 

Jika belum sempurna sesuai dengan kemauan atau selera, tampilan bisa anda ubah besar kecilnya dengan mengubah lebar dan tinggi gambar pada script HTML pada iFrame sebagaimana gambar 6 diatas.

Cara menampilkan file PDF diatas, hampir sama persis caranya jika anda pernah membuat iFrame musik MP3 untuk di sematkan pada postingan blog.

Anda bisa lihat hasilnya atau tampilannya data PDF ini dengan lebih jelas pada postingan sebelumnya yang berjudul: Asesmen Nasional Pada Bimtek Guru Belajar Seri AKM 2021

Demikian tutorial cara Menampilkan File PDF di postingan Blog, semoga bermanfaat. Saran dan tanggapan, monggo sampaikan di kolom komentar untuk sharing demi kebaikan, sampai jumpa pada postingan berikutnya.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

6 comments for "Cara Menampilkan File PDF di Blog"

  1. Heee...terimakasih atas kunjungan dan dukungannya. Sering-seringlah berkunjung...dapat ilmu dan kopi pagi gratis kok😊

    ReplyDelete
  2. Benar-benar pak blogger yang tidak diragukan lagi.
    💪🚀

    ReplyDelete
  3. Haaa...terimakasih dukungan dan kunjungannya Bos...Ah....jauh panggang dari api masih bos....sy belum ada apa-apanya. Sudah ngopi pagi Bos?. Kl belum di tunngu di KulSum😀

    ReplyDelete
  4. Gratis....dijamin halal lagi😀

    ReplyDelete