Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat & Menganti Gambar Header Blog

H eader Blog adalah bagian kepala dari sebuah blog. Bahasa sederhananya adalah judul dari sebuah blog. Karena Judul ini tampil pertama ketika kita membuka sebuah blog, maka kesan pertama itu menjadi penting. Untuk itu judul sebuah blog perlu dibuat agar tampil menarik agar pembaca bisa terus betah membaca, disamping konten tentu saja harus menarik.

Tampilan header biasanya terkait dengan template yang kita pakai. Banyak pilihan template mulai dari yang gratis sampai berbayar. Setiap template memiliki kaidah yang berbeda dalam menerapkan header atau judul. Judul sebuah blog biasanya dapat berupa tulisan, gambar ataupun logo. Oleh karena itu kita bisa berkreasi sendiri untuk mengubahnya agar tampilan header bisa lebih menarik.

Postingan kali ini merupakan tutorial dasar dalam dunia blogger, karenanya mungkin sangat bermanfaat bagi pemula yang belum tahu bagaimana cara membuat dan mengganti gambar header pada blog.

Cara Membuat Gambar Header

Banyak Aplikasi pembuatan gambar atau logo seperti Photoshop, FotoFiltre, Pencil App dan lain sebagainya. Tetapi tidak semua orang punya waktu dan kesempatan untuk mempelajarinya.

Tetapi saran saya, jika anda ingin terus berkarya lewat blog, maka sebaiknya anda belajar aplikasi editing foto, karena dipastikan anda akan berhadapan seterusnya dengan foto atau gambar yang akan dimasukkan sebagai data pendukung pada postingan blog.

Bagi blogger yang sama sekali belum pernah mengenal editing foto maka situs dibawah ini barangkali menjadi pilihan yang menarik karena gampang dan sederhana cara kerjanya, sehingga orang awan sekalipun bisa menggunakan untuk membuat tulisan dalam bentuk gambar atau logo.

1. Buka situs : https://cooltext.com/. Setelah terbuka langsung pilih bentuk tulisan seperti apa yang anda inginkan.

Gambar 1.

2. Langkah berikutnya, tulis judul blog anda dan atur besar kecil huruf yang diinginkan seperti pada gambar 2 dibawah, maka tampilannya akan sama dengan gambar 3.

 

Gambar 2. Gambar 3.

3. Jika anda ingin menambah logo atau simbul maka klik Add Symbol seperti pada gambar 3 diatas, maka akan tampil seperti gambar 4 dibawah. Pilih simbul yang mana yang anda kehendaki, maka tampilannya akan seperti pada gambar 5 dibawah. Anda masih bisa mengatur besar kecilnya simbul dan tata letak simbul dan tulisan agar rapi dan seimbang.
 

Gambar 4. Gambar 5.

4. Langkah terakhir adalah klik Create Composite seperti pada gambar 6 dibawah, maka akan tampil seperti gambar 7. Silahkan download hasil kerja anda sebagaimana anak panah pada pada gambar 7.
 

Gambar 6. Gambar 7.

Cara Memasang Gambar Header

Diatas telah disinggung bahwa setiap template menggunakan cara penanaman gambar header yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan cara dengan masuk ke edit HTML pada dasbor blog anda. Bagi seorang blogger pemula mungkin ini masih sulit, karena membutuhkan sedikit pemahaman tentang script HTML yang berisi ribuan kode-kode yang menyusun sebuah template.

Kali ini kita akan memasang gambar header pada template yang tidak perlu masuk melalui edit HTML, tetapi cukup melalui menu tata letak pada dasbor blog anda.

Bagaimana caranya, ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini:

1. Masuk dasbor blog anda, klik Tata letak, kemudian pilih header, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Gambar 8.

2. Langkah berikutnya, klik Choose file seperti pada gambar 9, maka akan terbuka kotak pencarian dimana file gambar anda simpan di komputer anda. Setelah anda temukan lalu klik, maka akan masuk gambar header yang telah anda buat pada langkah pertama Cara Buat Gambar Header diatas seperti terlihat pada gambar 10. Kemudian klik pilihan anak panah kedua Tempatkan keterangan setelah gambar, seperti terlihat pada gambar 9 dan 10. Klik simpan.....selesai dan lihat perubahannya pada blog anda.
 

Gambar 9. Gambar 10.

Demikian cara membuat dan mengganti gambar header pada blog, semoga bermanfaat. Jika belum jelas bisa anda tanya di kolom komentar, barangkali kita bisa sharing...sampai jumpa pada postingan berikutnya.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Cara Membuat & Menganti Gambar Header Blog"