Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapkan Blog/Website Anda Sebelum Mendaftar AdSense !

Daftar Isi

P ada postingan blog sebelumnya, penulis membuat postingan dengan judul "Cara Terbaru Daftar AdSense, Cara Mudah Memperoleh Uang Dengan Iklan"  Kali ini masih terkait dengan AdSense yaitu bagaimana kiat pemilik blog/website  agar situs miliknya dapat diterima oleh Google untuk bergabung dengan AdSense dalam menayangkan iklan, sehingga karenanya pemilik situs juga memperoleh bagian penghasilan.

Bagi seorang Blogger sejati memperoleh penghasilan dari AdSense bukanlah merupakan suatu tujuan. Menulis baginya adalah aktualisasi penyaluran hoby dan kesenangan.

Hasil karyanya  berupa postingan blog atau artikel sudah memberikan kepuasan tersendiri yang tak dapat diukur dengan uang. Jika dia memperoleh penghasilan dari hasil karyanya, baginya itu lebih kepada sebuah bonus. 

Dia akan terus menulis, menulis dan menulis, sekalipun AdSense tidak ada. Dia tetap kembali pada filosofi dasar awal keberadaan blog yaitu sebagai buku harian di awan atau di langit.

Buku harian terus akan senantiasa diisi sejalan dengan berjalannya roda kehidupan penulisnya. Dia akan terus berkarya dan berkarya sehingga menghasilkan karya tulis yang tidak saja bermutu tetapi mungkin juga bermanfaat untuk orang lain. 

AdSense memberikan angin segar bagi para blogger untuk mendapatkan alternatif tambahan penghasilan. Hoby menulis tersalurkan, gaji bulanan  didapatkan dari AdSense. Siapa yang tidak senang?

Bahkan saat ini ada banyak blogger yang bekerja sebagaimana layaknya orang kantoran. Dia meluangkan waktunya setiap hari khusus bekerja membuat artikel dan diupload secara periodik sehingga page rank webnya di Google tetap konstan bahkan cendrung naik dan menempati top rank dipencarian Google. Begitu juga dengan Bounce ratenya tetap rendah karena orang senang berlama-lama di blog/webnya mencari hal hal baru atau mencari sesuatu yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkan penghasilan dari AdSense memang tidak mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan ini  bisa menjadi rujukan bagi blogger khususnya blogger pemula agar blog atau webnya bisa lolos dari verifikasi team ahli Google dan diterima bergabung dengan AdSense.

Seorang blogger tidak hanya terus menulis dan menulis, sementara blog ( tempat atau rumahnya ) tidak diurus dan dibiarkan berantakan. Keduanya harus sejalan, karya- karyanya berkualitas dan blognya bonafide.  Ada ketimpangan dari keduanya, jangan berharap permohonannya ke AdSense akan diterima sebagai mitra dalam menayangkan iklan. 

Untuk itu pemahaman tentang blog juga harus dan wajib dipelajari dan dipahami. 

Sebagai langkah persiapan, sebelum mendaftar ke AdSense maka blog atau websitenya haruslah dibenahi, selain terus berkarya membuat tulisan dan artikel-artikel baru.

Apa saja yang harus dibenahi antara lain:

1. Pemilihan template.

Pilihan template menyangkut tentang desain tampilan blog. Perlu ada kesesuaian antara tampilan dan konten. Sebagai misal blog anda kontennya adalah hasil produk konfeksi,  maka carilah template yang akomodatif dengan tampilan banyak gambar sebagaimana layaknya etalase toko tempat orang jualan. Jika blog anda kontennya adalah news atau berita, destinasi wisata, games dan lainnya, maka carilah desain template yang cocok  dan sesuai.

Banyak pilihan macam template mulai dari yang sederhana sampai yang attraktif, mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar.

Saat ini pemilihan template tidak saja menyangkut hanya soal desain tampilan blog saja,  tetapi ada keterkaitan dengan perangkat yang dipakai pengguna saat membuka blog.

Setidaknya ada tiga macam perangkat yang biasa digunakan orang pada umumnya yaitu Desktop (PC/Laptop), Tablet dan Smartphone (HP. Android). Yang paling terakhir inilah yang banyak digunakan. Sekitar 80 persen pengguna memakai Smartphone untuk membuka blog atau website. Tidak semua template kompatibel terhadap ketiga perangkat ini. 

Untuk mengujinya cukup sederhana saja. Lihat tampilan gambar diperangkat anda. Dimensi gambar akan berbeda antara tampilan di Desktop dengan di Smartphone. Template yang baik dan kompatibel, tetap menghasilkan gambar yang natural di semua perangkat.

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah soal kecepatan loading. Kecepatan loading ini tidak hanya diakibatkan oleh jaringan internet, tetapi juga menyangkut tentang penggunaan template.

Untuk itu carilah template dengan kriteria diatas. Jangan ragu untuk menggunakan template yang berbayar jika itu memang baik untuk blog anda dan masa depan blog anda. Template yang berbayar biasanya sudah dimodifikasi oleh seorang SEO ( Search Engine Optimization ), sehingga kriteria diatas sudah terpenuhi.

2. Navigasi Blog atau Website.

Navigasi Blog atau Website berhubungan dengan pengaturan tombol-tombol yang digunakan untuk membuka konten dari sebuah Blog atau Website. Pastikan semua tombol navigasi berfungsi dengan baik dan ada kontennya. 

Begitu juga dengan pengaturan tata letak, harus terlihat rapi dan terstruktur, baik itu tombol yang ada di Header ( Navigasi Utama ), Sidebar dan Footer.

3. Di lengkapi dengan informasi pendukung.

Informasi pendukung ini antara lain kelengkapan seperti: About me/us, Contact form, Privacy Policy, Terms of Condition,  Disclaimer dan Sitemap atau Daftar Isi Blog.

Semua hal diatas dibuat pada halaman statis pada dasbor blog anda dan dipublikasikan.

Tempat untuk mempublikasikan biasanya ada dihalaman utama blog, ditempatkan secara permanen di Header, Sidebar dan Footer.

Halaman statis ini biasanya diletakkan dibawah pada halaman utama blog, kecuali Sitemap atau Daftar Isi biasanya ditempatkan di navigasi utama di atas pada bagian header.

4. Ganti Domain.

Ganti domain gratis blogger atau website anda dengan domain yang sesuai dengan konten blog anda. 

Misalnya blog/web anda bergerak di bidang pendidikan ganti dengan .sch.id, untuk bisnis ganti dengan .com, perkantoran khusus untuk instansi pemerintah dengan .go id dan lain sebagainya. Pergantian domain ini tentu saja berbayar, dan masa waktunya paling sedikit 1 tahun, setelah itu dapat diperpanjang tahun berikutnya dan seterusnya.

Pergantian Domain ini menjadikan blog anda kelihatan lebih  profesional dan disukai oleh Google dan lebih dipercaya oleh pengguna layanan. Harganyapun relatif murah. Sebagai contoh domain .com, cukup anda mengeluarkan 125 ribu dengan masa aktif 1 tahun. Harga yang cukup murah, jika anda berkuliner Kaldu Kokot atau Kalsot hanya dapat 3 porsi....heee.

Tetapi jika anda belikan domain, dan AdSense anda disetujui oleh Google sebagai mitra Adsense untuk menayangkan iklan, maka anda akan memdapatkan keuntungan yang jauh diluar prediksi anda.

5. Blog dengan tema khusus.

Blog dengan tema khusus akan lebih mudah diterima oleh AdSense. Misalnya blog tentang Kesehatan, Pariwisata, Agama, Budaya, Pendidikan, Sejarah. Tutorial,  Kuliner, Berita, Toko, Game, Musik dan lainnya. 

Sementara blog dengan tema gado-gado atau campuran, agak sulit diterima oleh AdSense. Untuk itu bagi yang punya kemampuan khusus di bidang-bidang yang disebutkan diatas, galilah potensi anda untuk berkarya dan menulis.

Tetapi bukan tidak mungkin dengan tema campuran tidak akan diterima oleh AdSense asalkan kriteria-kriteria diatas terpenuhi, karena tidak semua orang punya kemampuan khusus. Kalaupun toh punya kemampuan khusus, mereka belum tentu memiliki kemampuan untuk menuangkannya dalam bentuk sebuah karya tulis.

6. Usia Blog atau Website.

Usia blog juga menjadi pertimbangan dari diterimanya permohonan ke AdSense. Pihak Google akan menilai bagaimana perkembangan blog/website dari waktu ke waktu. Google punya perangkat yang namanya Google Analytics untuk melihat page rank dari jumlah pengunjung blog/website kita.

Page rank ini tentu terkait dengan jumlah postingan atau artikel yang telah kita buat. Pengunjung datang mengunjungi blog kita karena tulisan-tulisan kita di blog. Untuk itu perbanyaklah postingan atau artikel dengan mengupload secara rutin dan berkala. Google akan menilai selama 6 bulan aktifitas blog/web kita dan aktifitas pengunjung, baru Google akan menentukan layak tidaknya blog kita bergabung dengan AdSense.

7. Artikel Minimal 500 Karakter.

Jika konten blog/website anda berupa news, seperti info, opini, artikel, tutorial dan lainnya maka jumlah kata dalam setiap postingan atau artikel minimal 500 karakter. Dalam membuat postingan atau artikel tidak hanya berisi kata-kata kunci saja, tetapi harus dibuat komprehensip dengan uraian yang jelas, rapi dan terstruktur.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk mengajukan permohonan ke Adsen, blog atau web haruslah dipersiapkan dengan tahapan-tahapan yang terstruktur dan rapi sebagaimana yang telah disebutkan diatas.

Bagi blogger pemula teruslah berkarya dengan membuat postingan atau artikel yang baru.  Hindari copas karena nanti akan diketahui oleh pihak google dan merugikan anda sendiri. Copas adalah sebuah tindakan curang yang tidak saja merugikan anda sendiri dan orang lain tetapi juga dapat mematikan kreatifitas anda untuk berkarya dikemudian hari.

Yakin akan kemampuan sendiri dan teruslah berlatih, berkarya, menulis dan membaca sampai tangan, perasaan dan pikiran anda menyatu menghasilkan sebuah karya tulis.  Karena dengan terus konsisten dan fokus, isnpirasi akan muncul dengan sendirinya dan akan melahirkan karya-karya yang fenomenal diluar perkiraan anda.

Tunggu apalagi...benahi blog anda dari sekarang. Semoga bermanfaat, Selamat mencoba dan Salam Sejahtera untuk Anda dan Keluarga...๐Ÿ’œ๐Ÿ™๐Ÿ™Œ
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

2 comments for "Persiapkan Blog/Website Anda Sebelum Mendaftar AdSense !"

  1. Alhamdulillah tambah sip diskusi kita hari demi hari dengan BBC in, ayo kapan Jih kita bersua di darat biar tambah lagi wawasan kita mengenali hal ini.

    ReplyDelete
  2. Saya selalu siap bos....anytime...anywhere๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete