Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inspirasi dan Motivasi Sebuah Investasi ?

Ada sebuah ungkapan yang sudah lama kita ketahui bahwa Informasi adalah Suatu Investasi. Di jaman yang sudah serba digital ini, informasi begitu mudah dan cepat diperoleh. Dunia sepertinya sudah semakin kecil. Informasi dari luar dalam hitungan detik sudah bisa ditangan, tetapi responsibility terhadap sebuah informasi setiap orang bisa jadi berbeda-beda. Sama halnya dengan persepsi setiap orang terhadap sebuah peristiwa atau kejadian, antara orang satu dengan orang yang lain bisa sangat berbeda.

Sebuah informasi yang sama, bisa saja menjadi berharga bagi seseorang, sementara bagi orang lain mungkin hanyalah sekedar sampah informasi. Kemampuan dalam menangkap informasi, tergantung dari kecakapan hidup yang diperoleh sebelumnya. Kemampuan dalam menangkap informasi dan menjadikannya sebagai sebuah sumber terciptanya inspirasi, merupakan sebuah investasi yang berharga. Hanya orang orang tertentu yang mampu menangkap informasi sebagai sebuah investasi.

Apa itu Investasi ?

Dalam pengertian umum investasi adalah modal. Modal identik dengan uang atau barang berharga lainnya. Dalam sebuah usaha perdagangan atau bisnis, modal memegang peranan penting untuk memulai dan menjalankan usaha. Keuntungan merupakan tujuan akhir sebuah investasi. Tetapi uang bukanlah segalanya dalam sebuah investasi.

Lantas dimanakah posisi informasi sebagai sebuah investasi. Informasi bisa menjadi berharga atau sebaliknya, tergantung seseorang yang mau memanfaatkannya. Informasi bisa menjadi berharga jika seseorang terispirasi darinya untuk melakukan upaya mewujudkan ide atau gagasan yang terkandung dalam informasi. Jadi sebenarnya yang berharga adalah inspirasinya. Informasi hanyalah pengantar untuk masuk menjadi inspirasi.

Inspirasi dan Motivasi adalah dua kata yang sering kali dipakai bergandengan. Jika informasi sudah menjadi inspirasi maka akan muncul motivasi untuk berbuat. Ketika seseorang terinspirasi akan sesuatu maka dia akan termotivasi untuk melakukannya, untuk mewujudkan apa yang menjadi ide, impian atau gagasannya.

Inspirasi bisa datang kapan saja dan dimana saja tetapi belum tentu seseorang bisa melaksanakannya. Sedangkan motivasi sudah merupakan tindakan yang dilatar belakangi oleh alasan atau motif tertentu untuk mencapai tujuan.

Alasan atau motif ini bisa saja datang dari sebuah inspirasi atau dari alasan-alasan lain yang melatar belakanginya. Apa itu Inpirasi dan Motivasi...ikuti paparan dibawah ini.

1. Inspirasi.

Sebagaimana yang pernah saya posting pada tulisan sebelumnya pada artikel yang berjudul "Tahapan Menulis Inspiratif Untuk Pemula & Manula", bahwa inspirasi adalah ide kreatif yang muncul karena ada rangsangan dari luar yang mempengaruhi.

Sebagai mahluk sosial seseorang pasti berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya, baik dengan lingkungan alam maupun lingkungan sosial sesamanya.

Dari pergesekan dengan lingkungan itulah inspirasi itu bisa muncul. Ide kreatif itu bisa muncul dari hubungan manusia dengan alam, dari hubungan manusia dengan sesamanya dan dari hubungan manusia dengan Sang Khaliq atau Penciptanya.

Setiap orang memiliki kemampuan dan kesempatan yang tidak sama untuk mewujudkan ide-ide kreatif itu. Kemampuan dan kesempatan untuk menangkap inspirasi itu tergantung pada pemahaman seseorang terhadap objek ide yang diperolehnya. Karena inspirasi itu ibarat pintu masuk atau pintu gerbang, tentu pemahaman terhadap isi dibalik pintu akan terlihat masih samar tetapi sudah jelas ada dalam bayangannya.

Inspirasi merupakan pintu masuk yang dapat membuka tabir pengalaman baru ke dalam hidup seseorang. Seseorang yang sudah terisnpirasi biasanya akan segera mencari tahu sebanyak mungkin informasi terkait objek ide tersebut.

Disinilah informasi seluas-luasnya tentang objek ide itu sangat dibutuhkan. Pemahaman yang mendalam terhadap objek ide ini dapat mengantar seseorang untuk bisa mewujudkan inspirasi itu menjadi sebuah tindakan nyata yang dapat diukur dan diprediksi tingkat keberhasilannya.

Inspirasi dapat mengkristal membentuk sebuah visi yaitu gambaran besar atau gambaran keseluruhan dari apa yang diinginkannya dimasa depan. Gambaran masa depan akan membentuk kekuatan dalam diri seseorang untuk terus bergerak melakukan tindakan untuk mencapai tujuannya. Inspirasi inspirasi baru nanti akan terus muncul berbarengan inovasi yang terus berkembang ditengah perjalanan, sehingga pada akhirnya ide inspiratif atau gagasan itu dapat diraih dengan cemerlang.

Apa yang saya sampaikan diatas masih berupa narasi dan mungkin masih susah untuk ditangkap maksudnya karena masih merupakan paparan teoritis.. Untuk lebih jelasnya sebagai contoh, anda terispirasi dari seseorang untuk memulai usaha baru fotografi dengan membuat Studio Foto misalnya.

Informasi awal yang anda tahu tentu masih samar-samar karena anda belum terjun didalamnya. Pemahaman awal anda tentang fotografi hanyalah berangkat dari kesenangan dan hobby, kemudian anda terisnpirasi untuk membuka usaha foto dengan membuat studio foto.

Maka upaya pertama anda haruslah mencari tahu sebanyak mungkin seluk beluk fotografi. Bahasa sederhananya adalah cari tahu dulu ilmunya. Setelah dirasa sudah cukup, anda sudah dapat menghitung dan memprediksi prospeknya kedepan, baru melangkah pada langkah berikutnya dengan mantap sesuai dengan pemahaman baru secara step by step.

Contoh lain misalnya, anda terinspirasi menjadi seorang penulis atau pengarang. Anda harus mencari tahu apa yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis. Bagaimana caranya harus memulai menulis, Dimana harus menulis, apakah di buku tulis, medsos, atau blog/web dan lain sebagainya. Apa yang diperlukan untuk bisa lancar menulis. Apa hambatan dan keuntungan, bagaimana prospeknya dimasa depan dan sebagainya. Setelah ilmunya sudah anda ketahui, anda dapat melangkah dengan mantap memulai menulis.

Usaha yang dilakukan jika berangkat dari sebuah inspirasi bisanya memiliki himmah yang sangat kuat untuk terus melangkah sekalipun badai menerjang untuk mencapai tujuan.

Dalam berbagai pengalaman dari orang yang sudah sukses, dalam memperjuangkan sebuah visi tidak selamanya mulus. Jatuh bangun dalam menjalankan usaha adalah hal yang biasa bagi mereka. Tetapi karena dia telah memiliki visi dan keyakinan yang kuat maka kegagalan adalah sebuah kesuksesan yang tertunda.

Disamping pemahaman yang mendalam akan objek ide itu, faktor lain yang ikut menentukan yaitu motivasi. Seberapa cepat seseorang untuk mewujudkan ide-ide kreatif atau inspirasi itu tergantung motivasi yang ada pada diri seseorang.

2. Motivasi.

Motivasi berasal dari bahasa Inggris "motivation" yang memiliki arti dorongan. Beberapa ahli mengatakan, motivasi berasal dari bahasa Latin "movere" yang berarti menggerakkan. Keduanya mempunyai makna yang sama bahwa motivasi adalah alasan atau motif yang mendorong dan menggerakkan seseorang untuk bertindak dengan maksud untuk mencapai tujuan ( goal ).

Motivasi bisa datang dari dalam diri seseorang seperti keinginan untuk mencapai kesenangan dan kepuasan diri, yang kita kenal dengan motivasi instrinsik, dan juga bisa datang dari luar yaitu motivasi ekstrinsik seperti keinginan untuk mencapai tujuan karena imbalan atau keuntungan tertentu.

Pada laman Wikipedia, Motivasi diartikan adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini, diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.

Wayne Dyer, penulis dan motivator asal Amerika Serikat menjelaskan perbedaan antara Inspirasi dan Motivasi dengan mengatakan: "A highly motivated person takes an idea, goes out there, and won't let anybody interfere with them. Inspiration is exactly the opposite. If motivation is when you get hold of an idea and carry it through to its conclusion, inspiration is the reverse. An idea gets hold of you and carries you where you are intended to go."

"Orang yang sangat termotivasi mengambil sebuah ide, pergi ke sana, dan tidak akan membiarkan siapa pun mengganggu mereka. Inspirasi justru sebaliknya. Jika motivasi adalah ketika Anda mendapatkan sebuah ide dan membawanya sampai pada kesimpulannya , inspirasi adalah kebalikannya. Sebuah ide menguasai Anda dan membawa Anda ke tempat yang ingin Anda tuju. "

Jadi Inspirasi itu adalah pintu masuk pertama dan akan tetap dipertahankan terus untuk sampai pada tujuannya karena didalamnya terkandung passion yang kuat , sedangkan motivasi adalah motif yang menjadi daya dorongnya.

Inspirasi adalah passion atau gairah, himmah sedang motivasi adalah powernya. Passion atau gairah, himmah tetap akan terus membara karena berangkat dari dalam ( jiwa ) sekalipun seseorang harus jatuh bangun. Power, daya, kekuatan, ketahanan akan membantu mencapai passion itu untuk sampai pada tujuan.

Jadi dapatlah disimpulkan bahwa modal awal seseorang untuk menjadi sukses dalam sebuah usaha adalah adanya inspirasi dan motivasi. Informasi adalah sebagai pembuka yang akan mengantar seseorang untuk memperoleh inspirasi. Inspirasi tidak akan berarti jika tidak ada movasi untuk meraihnya, sehingga dapatlah dikatakan bahwa Inspirasi dan Motivasi adalah sebuah Investasi.

Demikianlah pemahaman Inspirasi dan Motivasi sebuah Investasi, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Tulisan ini jauh dari sempurna, untuk itu bilamana ada kritik dan saran, sampaikan dengan santun dikolom komentar untuk kebaikan.

Sebagai penutup dan mungkin bisa mengispirasi kita semua, simaklah kata hikmah ini:"Lakukan yang terbaik yang bisa anda lakukakan, dengan segenap kemampuan, dengan cara apapun, di manapun, kapan pun, kepada siapa pun, sampai anda tidak bisa melakukannya".(John Wesley, seorang teolog dari Inggris ).

Terimakasih...sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Inspirasi dan Motivasi Sebuah Investasi ?"