Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tombol WA Di Blog

B rian Acton dan Jun Koum sebagai pendiri WA ( WhatsApp ) dari AS boleh berbangga dengan prestasi yang telah dicapainya. Betapa tidak, WA saat ini telah menjadi Aplikasi pesan yang paling populer  dengan pengguna hampir 2 milyar secara global di seluruh dunia.

Didirikan pada tahun 2009, kemudian diakuisisi oleh Mark Zuckerberg pemilik Facebook pada tahun 2014, saat ini pengguna WA telah mengalahkan Facebook sebagai organisasi induknya. 

Tak terkecuali di Indonesia, kepopuleran WA telah mengantarkan aplikasi pesan ini menjadi peringkat ke 4 di dunia setelah India, Brazil dan Jerman. 4 dari 10 orang di Indonesia telah menggunakan WA sebagai media perpesanan.

Sebagai media perpesanan yang sangat populer maka tak heran jika WA banyak digunakan untuk kepentingan pribadi maupun bisnis. 

Untuk kepentingan pribadi, Aplikasi WA sangat mudah  digunakan. Cukup dengan mencari dan mendownload dengan gratis di playstore, kemudian menginstalnya pada smartphone. Setelah selesai  maka pemilik android sudah bisa menggunakan untuk berkirim pesan teks, dokumen, audio maupun gambar/video. Tampilan antar muka yang sederhana membuat semua orang yang baru mengenal WA, bisa langsung nyaman menggunakannya.

Untuk kepentingan bisnis, baik itu bisnis pribadi maupun korporasi, aplikasi WA sebagai sebuah aplikasi pesan lintas platform, bisa digunakan pada berbagai sistem operasi yang berbeda seperti Microsoft Windows, Linux, Max OS dan lainnya. 

Aplikasi WA termasuk aplikasi yang berbasis web, sehingga WA bisa ditanamkan pada Blog atau Web sebagai sebuah widget dengan tidak mengganggu atau memberatkan blog/web karena termasuk aplikasi yang ringan. 

Walaupun di blog/atau web sudah ada Contact Person, tetapi itu jarang digunakan orang, pertimbangannya mungkin karena kurang praktis. Sementara WA lebih praktis, dapat terhubung langsung antara pengunjung (visitor) dengan admin (pemilik) blog sehingga bisa berkomunikasi lebih cepat dan bisa menjalin hubungan dengan baik. Utamanya blog yang memiliki konten jual beli barang dan jasa secara online bisa komunikasi lebih mudah sebelum terjadi transaksi jual beli. 

Bagaimana cara membuat tombol WA pada Blog/Web ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Masuk ke situs: https://whatshelp.io/widget   

2. Pada Choose messaging apps, klik tombol WA kemudian isi nomor Hp anda dengan mencantumkan kode Negara +62.................. Pada pilihan apps ini anda tidak hanya dapat  membuat tombol WA, tetapi dapat membuat tombol apps lain seperti Messenger, Line, Telegram, Instagram, Email dan lain-lain.

Trulli

Gambar 1.

3. Scroll kebawah pada nomer 2. Isi Costomize your button sesuai dengan keterangan gambar dibawah ini.

Trulli

Gambar 2.

4. Pada nomer 3, Add the code to your website, isi dengan email anda, kemudian klik Get Button Code.
 
Trulli

Gambar 3.

5. Salin kode dibawah ini, simpan sementara di notepad untuk kemudian akan dimasukkan ke blog anda.
Trulli

Gambar 5.

6. Langkah terakhir adalah cara memasukkan ke Blog anda, dengan cara masuk ke dasbor blog, klik pengaturan, tema, edit HTML. Klik lompat ke widget, pilih header 1. Untuk memudahkan pencarian, klik F lalu ketikkan </body>...enter. Copas script diatas sebelum atau diatas </body>. kemudian simpan..selesai.

Trulli

Gambar 6.

Saatnya anda melihat hasil kerja anda pada blog/web. Akan tampil dan terlihat seperti dibawah ini.

 

 

 Tampilan tombol WA pada PC/Laptop Tampilan pada Smartphone

Demikian Cara Membuat Tombol WA di Blog, semoga bermanfaat.  Salam Sejahtera untuk Anda, sampai jumpa dipostingan berikutnya.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Cara Membuat Tombol WA Di Blog"