Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Flipbook Dan Memposting Di Blog

Flipbook adalah istilah yang biasa digunakan untuk menunjuk buku yang menampilkan serangkaian foto-foto yang dijalankan dengan cara klik pada gambar. Biasanya ini kita temukan pada buku-buku elektronik atau e-book. Flipbook berasal dari bahasa Inggris yang merupakan gabungan kata flip dan book. Flip artinya membalik dan book artinya buku.

Cara membaca buku pada buku-buku elektronik atau e-book biasanya dengan cara klik pada pojok kanan bawah atau atas untuk memulai. Sedangkan untuk kembali ke halaman depan atau sebelumnya dengan cara klik pojok kiri bawah atau pojok kiri atas.

Menurut laman Wikipedia Buku flip atau buku flick adalah sebuah buku dengan serangkaian gambar yang beragam dari satu laman ke laman berikutnya, yang saat laman-laman tersebut dibolak-balik secara cepat, gambar-gambar tersebut tampak teranimasi oleh gerakan tersimulasi atau beberapa gerak lainnya.

Berikut ini adalah contoh dari Flipbook.


Untuk membuat Flipbook di Blog pada prinsipnya sama dengan kalau kita mau menampilkan Video YouTube pada blog, yaitu dengan mengambil tag embednya. Isi embed adalah sebuah script yang berisi sebuah komponen file HTML yang ditandai dengan tag < iframe >.

IFrame adalah singkatan dari Inline Frame. Fungsinya adalah menyertakan atau memasukkan semua jenis media yang bisa diletakkan atau dipasangkan di blog atau situs.

Hanya saja, tag embed pada YouTube sudah tersedia, kita tinggal mencari dan mengcopy, kemudian meletakkannya pada postingan blog. Sedangkan untuk Flipbook kita harus membuat sendiri dengan menggunakan aplikasi Flipbook.

Aplikasi Flipbook adalah sebuah software yang berfungsi untuk membuat dan mengubah file PDF dan Image atau foto yang bentuk filenya bisa PNG maupun JPEG, menjadi sebuah buku atau album yang bisa kita buka layaknya sebuah buku dengan membuka setiap halamannya.

Ada beberapa macam Aplikasi Flipbook, salah satu diantaranya yang akan kita gunakan kali ini adalah Flipsnack. Bagaimana cara membuat Flipbook dengan Sofware Flipsnack, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Buka laman Flipsnack : https://www.flipsnack.com/. Masuk menggunakan akun Gmail anda atau melalui akun Facebook.

2. Upload semua file PDF atau Image yang sudah anda siapkan. Gambar 1. menunjukkan saat upload semua file, sedangkan Gambar 2. menunjukkan setelah klik Next dan pilih warna.



Gambar 1. Gambar 2.

3. Klik Editor pada Gambar 2. diatas maka akan tampil seperti dibawah ini. Atur halaman perhalaman sesuai urutan gambar anda. Gambar 3 adalah halaman yang belum berurutan. Gambar 4 adalah halaman yang sudah berurutan seperti pada halaman buku. Ikuti sesuai petunjuk gambar.
 

Gambar 3. Gambar 4.

4. Langkah selanjutnya klik Save & Share ( Gambar 5. ). Akan tampil seperti pada gambar 6. Kemudian isi Judul dan Deskripsi proyek anda, kemudian publish.
 

Gambar 5. Gambar 6.

5. Langkah berikutnya adalah klik embed untuk mengambil script HTMLnya seperti pada gambar 7. Kemudian copy, simpan dulu pada notepad sebagai persiapan untuk dimasukkan pada postingan blog. (Gambar 8.)
 

Gambar 7. Gambar 8.

6. Sebagai langkah terakhir adalah bagaimana caranya memasukkan pada postingan blog. Ubah moda tampilan blog pada dasbor blog anda dari Tampilan menulis ( Compose ) ke Tampilan HTML. Copy script embed yang anda simpan pada notepad tadi, kemudian pastekan..lalu publikasikan. Selesai.

Contoh Script hasil Flipbook yang akan diletakkan pada postingan blog:

<iframe src="https://cdn.flipsnack.com/widget/v2/widget.html?hash=tpl65f8hp8" width="100%" height="480" seamless="seamless" scrolling="no" frameBorder="0" allowFullScreen></iframe>

Sebagai catatan: langkah-langkah cara membuat flipbook diatas, adalah merupakan langkah-langkah standar untuk membuat flipbook sederhana. Untuk membuat flipbook dengan lebih profesional, bisa menambahkan fitur-fitur yang lain seperti menambahkan cover, insert gambar, musik dan lainnya bisa anda pelajari lebih lanjut. 

Banyak fitur-fitur lain bahkan harus berbayar jika ingin menggunakannya, seperti pada gambar 7 yang berwarna biru seperti lambang mahkota. 

Jika anda seorang guru atau dosen, flipbook ini cocok digunakan untuk  membuat  presentasi didepan murid atau mahasiswanya.

Demikian tutorial Cara Membuat Flipbook dan Memposting di Blog, silahkan mencoba di blog anda. Semoga bermanfaat, Salam Sejahtra untuk Anda.... sampai jumpa pada postingan berikutnya.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

2 comments for "Cara Membuat Flipbook Dan Memposting Di Blog"