Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menulis Di Blog, Sebuah Diary (3)

Trulli

P ada catatan Menulis di Blog, Sebuah Diary (2 ) banyak disinggung tentang istilah " Template ". Saya baru tahu dan sedikit paham apa itu template setelah mulai belajar ngeblog. Bahasa sederhananya template berasal dari bahasa Inggris yang artinya contoh atau klise.

Apa itu Template Blog ?

Dalam bahasa Blog atau Website, Template adalah blueprint desain tampilan Blog. Template dibuat dalam bentuk script dengan menggunakan bahasa pemrograman berupa kode-kode dan tag tertentu seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP dan lainnya. Filenya disimpan dalam bentuk ektensi file .xml (Extensible Markup Language ).

Jika anda membuat Blog menggunakan template A, maka jika Si Fulan membuat Blog dengan template A juga, maka tampilan Blog akan sama, karena berangkat dari cetakan atau klise yang sama. Itulah sedikit tentang pemahaman apa itu template.

Yang menjadi masalah bagi blogger pemula termasuk saya heee...adalah bahasa pemrograman itu. Dari kecil sampai sekarang belum pernah sekalipun mengenal bahasa itu.

Itulah sebabnya dalam sebuah berita yang pernah saya dengar bahwa Menteri Pendidikan kita Nadiem Makarim akan memasukkan bahasa pemrograman kedalam kurikulum yang akan datang dimulai dari jenjang Sekolah Menengah Pertama ( SMP). Dengan harapan ketika anak sudah lulus SMA, anak sudah paham dengan bahasa pemerograman dan bisa mengetrapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Balajar HTML, CSS dan JavaScript.

Berangkat dari pemahaman yang yang nol itulah saya kemudian mencari referensi dari situs-situs yang membahas tentang HTML. Belajar HTML ternyata tidak hanya sekedar dibaca, tetapi harus dengan langsung praktek. Tanpa langsung mempraktekkan, nonsens akan bisa paham.

Banyaknya kode-kode dan tag HTML yang harus diingat, membuat belajar HTML harus benar -benar fokus. Kesalahan satu huruf saja atau salah penempatan tag, membuat script yang kita buat menjadi tidak berfungsi. Ketepannya harus 100 % baru script bisa berjalan.

Itulah sebabnya belajar HTML syaratnya harus fokus dan teliti. Jika dalam sebuah script yang kita buat tidak berfungsi pasti ada kesalahan yang kita buat. Untuk itu harus diteliti lagi dimana kesalahan itu kita buat, sampai ketemu.

Itulah sebabnya belajar HTML butuh waktu yang tidak sedikit. Diawal-awal belajar, kadang saya hanya duduk berlama-lama dengan meneliti dimana letak kesalahan itu. Barulah setelah ketemu, bisa melanjutkan belajar.

Contoh belajar HTML:

1. <!DOCTYPE HTML>

2. <HTML>

3. <head>

4.<title>Judul File HTML</title>

5. </head>

6. <body>

7. Website <strong><em>pertama</em></strong> saya

8. </body>

9. </HTML>

Contoh diatas hanya sekedar gambaran sederhana dari sebuah dokumen HTML. Kalau kita mau belajar HTML hanya sekedar membaca tanpa dibarengi praktek maka saya jamin anda sebentar lagi akan bosan dan berhenti belajar. Karena banyaknya kode dan tag itu, tidak cukup hanya dibaca dan diingat, tetapi perlu dipraktekkan agar nantinya kode dan tag itu menjadi familier dengan pandangan kita, sehingga mudah mengingat dan memahami maksudnya.

Belajar HTML merupakan pengetahuan dasar utama sebelum belajar yang lain, seperti CSS, JavaScript dan lainnya. Pemahaman dasar ini penting karena untuk belajar yang lain nanti akan lebih mudah mengikuti alurnya walaupun tidak sepenuhnya paham.

Contoh diatas juga memberikan sedikit gambaran kepada kita bahwa isi Template yang akan kita pelajari dan modifikasi itu berisi dokumen HTML, CSS, JavaScript, PHP dan lainnya. Maka ketika kita mau mencoba merubah template, maka pemahaman akan dokumen HTML menjadi sebuah keharusan.

Belajar HTML harus step by step. Sambil terus belajar, pemahaman yang kita peroleh, coba kita praktekkan dengan belajar membuka dokumen HTML pada blog yang sudah kita buat. Kita coba praktekkan dengan mencoba merubah menu pada navigasi blog misalnya.

Jika gagal, kita ulang lagi atau kita lanjutkan dilain waktu sambil terus belajar HTML dan lainnya. Tanpa mencoba dipraktekkan ilmu yang kita pelajari ,selamanya kita tak akan pernah bisa. Jangan pernah takut mencoba memodifikasi HTML blog, karena kalau kita salah, bisa kita kembalikan pada posisi sebelum diubah.

Cara lain yang saya lakukan dengan membuat blog baru sebagai media untuk belajar. Pada blog baru inilah saya belajar mempraktekkan ilmu baru yang saya peroleh. Mulai belajar mengganti template, foto slider, Navigasi Menubar, Sidebar dan Footer.

Setiap template berbeda dalam hal menu navigasi. Ada yang harus masuk edit HTML, ada yang cukup di edit di Tata Letak. Yang harus masuk ke edit HTML ini yang sulit, sebab dasarnya paling tidak sudah harus familier dengan kode-kode pemrograman seperti HTML, CSS dan lainnya.

Ebook HTML, CSS, JavaSript dan PHP

Untuk sekedar berbagi, barangkali anda berkenan untuk belajar HTML, CSS, JavaScript, PHP dan lainnya anda bisa download pada link ini. E-book ini diperuntukkan bagi pemula. Orang yang belum mengenal sama sekali apa itu HTML.

Pelajari dulu HTML dan CSS karena ini ada dalam satu buku, disertai dengan praktek langsung menggunakan Laptop/PC. Saya yakin kalau petunjuk buku ini dikuti sedikit demi sedikit pemahaman itu akan terbuka.

Untuk test sampai seberapa paham anda akan HTML dan CSS, coba lanjutkan dengan belajar mandiri secara online pada situs BitDegree (https://www.bitdegree.org/login). Daftar menggunakan email anda...gratis kok, hee....

Semoga bermanfat. Selamat belajar, berselancar dengan BitDegree dan sukses selalu untuk anda.

Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

2 comments for "Menulis Di Blog, Sebuah Diary (3)"

  1. Klo aku yg punya istilah " fokus pada satu titik"

    ReplyDelete
  2. Benar. Fokus hahasa sederhananya adalah konsentrasi. Perhatian kita hanya tertuju pada satu titik dengan melupakan yang lain. Point of you.

    ReplyDelete