Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengganti Template Blog, Sebuah Solusi

K etika kita aktif menjadi blogger, banyak persoalan yang ada seputar blogging. Salah satu problem yang sering muncul adalah tampilan blog. Berbicara tampilan blog tentu pikiran kita akan langsung tertuju pada template sebuah blog.

Apa itu Template Blog ?

Template adalah blueprint atau grand desain sebuah blog. Ibarat membuat rumah, template adalah desain atau gambar sebuah rumah yang akan dibangun. Oleh desainer, gambar itu sudah dirinci dan diperhitungkan segala sesuatunya, sehingga kalau diikuti maka akan terbangunlah sebuah rumah yang ideal.

Jika desain itu di pakai orang lain, maka rumah orang lain akan sama tampilannya dengan rumah kita. Begitu juga dengan blog. Jika kita menggunakan template A, dan si Fulan juga menggunakan template A, maka tampilan blognya akan sama dengan blog kita.

Masalah Pemilihan Template.

Sejak awal kita membangun blog sebenarnya masalah pemilihan template ini sudah muncul. Kita ingin agar blog yang kita bangun tampilannya terlihat indah. Tetapi karena kita masih pemula, kita belum tahu banyak tentang apa dan bagaimana tentang fungsi template, maka pemilihan template belum merupakan sesuatu yang penting.

Yang kita rasakan diawal membuat blog adalah bagaimana membuat artikel atau postingan baru. Membuat sebuah tulisan atau artikel hasil karya sendiri adalah sebuah pekerjaan yang melelahkan. Fakta berbicara, banyak blogger pemula yang berhenti gara-gara belum mampu atau kesulitan membuat artikel dan tak pernah mencoba lagi.

Artikel adalah nyawa sebuah blog. Karena pentingnya membuat artikel ini maka masalah lain menjadi terabaikan, termasuk pemilihan template.

Masalah pemilihan template baru terasa ketika kita sudah mulai banyak membuat artikel. Pemahaman dan wawasan kita tentang tampilan blog, responsibility, acceptabilitas terhadap berbagai perangkat dan kecepatan loading blog, mulai bertambah seiring berjalannya waktu.

Pemahaman tentang edit HTML pada dasbor blog juga mulai terbuka. Dan itu berhubungan dengan template, sehingga seringkali mulailah belajar untuk mengutak-atik atau mengubah template dengan menambah atau mengurangi script template yang sudah ada.

Apakah template bisa diubah ?

Jawabnya tentu saja, bisa. Jika kita sudah familier dengan HTML, CSS, JavaScript, PHP, CMS dan lainnya, maka mengubah template bukan masalah. Masalahnya adalah jika perubahan itu mempengaruhi struktur template yang sudah ada. Maka template akan menjadi rusak.

Jika hanya sekedar merubah tampilan warna, seperti kita membangun rumah yang hanya mengubah warna cat dll itu boleh-boleh saja. Tetapi ingat, syaratnya tetap kita sudah harus memiliki sedikitnya pemahaman tentang HTML, CSS dan lainnnya itu.

Apa urgensinya mengubah Template?

Mengubah template akan mengubah tampilan dan struktur sebuah blog. Mengubah template menjadi penting karena beberapa alasan, diantaranya:

1. Kita ingin nuansa baru pada tampilan blog kita.

2. Tampilan blog kita sudah ketinggalan jaman atau out of date.

3. Ada masalah dengan kecepatan loading. Jika loading lambat maka pembaca akan jengkel dan akan segera meninggalkan blog.

4. Ada masalah security atau keamanan blog.

Tanda aman bagi sebuah blog bilamana tanda gembok dipojok kiri atas masih tampil. Jika berubah menjadi tanda seru ( ! ) itu berarti sudah tidak aman. Apalagi lagi kalau sudah tampil tanda seru dan tulisan not secure ( ! not secure ), berarti blog sudah tidak aman dan berbahaya. Pengunjung yang paham akan segera meninggalkan blog yang punya security seperti itu.

5. Ada masalah dengan tampilan gambar.

Masalah tampilan gambar ini berkaitan dengan perangkat yang kita gunakan untuk membuka blog atau web. Hampir 80 % saat ini pembaca menggunakan Android untuk membuka blog/web. Pada template gratisan, gambar akan berubah tampilannya ketika dibuka di android. Padahal kita tahu bahwa pembaca saat ini lebih banyak menggunakan android baik untuk membaca maupun menulis pada blog.

Tampilan 2 gambar dibawah ini adalah perbedaan antara hasil template dari seorang Seo ( Sugeng.id ) dan template Seo terbaru gratisan.

Masalah lain lagi dengan tampilan gambar ini adalah masalah bug. Bug adalah cacat desain pada perangkat lunak yang mengakibatkan terjadinya galat atau error pada program sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Masalah ini ternyata ada pada template. Ada kerusakan pada struktur template yang tidak kita sadari pada saat kita mencoba untuk masuk ke edit HTML blog untuk menyisipkan, menambah atau mengurangi script yang sudah ada.

Gambar dibawah ini adah contoh bug, lihat keterangan pada gambar.


Demikianlah seputar masalah Mengganti Template Blog, Sebuah Solusi. Jika anda punya masalah seperti diatas, maka solusinya adalah segera ganti template anda. Jika anda belum punya masalah diatas, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

Percayakan langsung soal template kepada ahlinya. Daripada anda susah dan repot berkali-kali ganti template, lebih baik sekali repot, selesai.

Template terbaik saat ini adalah dari Seo Sugeng.id. Sekali anda pakai, selanjutnya anda akan memperoleh update terbaru dari Sugeng.id, jika ada penambahan fitur-fitur baru. Maka template anda tidak akan out of date, tetapi terus mengikuti perubahan dan perkembangan jaman atau senantiasa up to date.

Pilihan sekarang ada pada anda. Jika anda memilih ganti template, lakukan mulai sekarang, jangan menunggu masalah datang dengan segera klik pada tautan gambar atau banner dibawah ini. Semoga bermanfaat...salam sejahtera selalu untuk anda.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

4 comments for "Mengganti Template Blog, Sebuah Solusi"

  1. Saya sependapat dengan penulis, kalau template blog yang responsif terhadap semua perangkat, loading cepat dan up to date sangat diidamkan oleh blogger. Tidak hanya artikel yang bagus, namun template perlu mendapat perhatian khusus bagi para blogger agar pengunjung semakin banyak dan betah berlama² di blog kita.
    🚀🌏

    ReplyDelete
  2. Terimakasih dukungan dan kunjungannya. Bagaimana profil yang baru bos Ramli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses.

      Mantap.... taapp..... taaapppp....

      Delete