Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memasang Subscribe YouTube Pada Postingan Blog


Y ouTube adalah media sosial yang paling populer saat ini. Media audio visual ini tidak lagi asing bagi masyarakat lebih-lebih bagi Generasi Milenial atau Generasi Z sebagian orang menyebutnya. Informasi apa saja bisa ditemukan disana. Cara membuatnyapun tidak lagi ribet. Cukup punya android, instal aplikasi video editing di playstore, ambil gambar, edit ala kadarnya lalu upload...selesai. Videonya akan dilihat semua orang. Jika berita dan momennya tepat maka videonya akan menjadi viral dan ditonton banyak orang. 

Bagi mereka yang ingin lebih serius menjadi YouTuber  harus banyak belajar dulu aplikasi Video Editing agar hasil videonya menjadi lebih menarik dan enak ditonton. Saat ini tidaklah terlalu sulit untuk belajar video editing. Cukup punya PC/Laptop, ada kemauan untuk belajar maka pasti akan bisa karena apa saja yang berkaitan dengan video editing bisa dicari di internet, mulai yang gratis sampai berbayar.

Apa saja yang dapat di rekam di android baik gambar maupun video tinggal pindah ke PC/laptop, kemudian edit di video editing. Dengan kemauan dan usaha yang sungguh-sungguh suatu saat nanti pasti akan menghasilkan video-video yang bagus.

Hasil Video yang bagus ini dibutuhkan bagi seorang YouTuber untuk  meningkatkan banyaknya penonton dan subscriber

Apa itu Subscribe ?

Subscribe dalam bahasa Indonesia artinya langganan. Langganan bisa gratis bisa juga berbayar sebagaimana orang berlangganan koran, majalah dan lain sebagainya. Setiap periode tertentu, tergantung perjanjian maka koran dan lainnya akan diantar oleh developer ke rumah anda.

Dalam hal YouTube, dengan anda menekan Subscribe pada channel YouTube maka setiap kali pemilik channel mengupload video baru maka anda secara otomatis akan menerima pesan dari YouTube, sehingga pemilik channel tak perlu memberi tahu anda bahwa ada video baru yang sudah diupload. 

Tempat untuk Subscribe ada dibawah video dengan tulisan SUBSCRIBE berwarna merah. Jika sudah Subscribe maka warnanya akan berubah menjadi abu-abu.

Banyak cara yang bisa dilakukan bagi YouTuber untuk meningkatkan jumlah rating atau Subscribe dari penontonnya. Bagi seorang YouTuber sekaligus Blogger akan lebih mudah memperkenalkan hasil karyanya agar lebih cepat dapat Subscriber dari penontonnya. Salah satu caranya adalah dengan mengupload video pada blognya sekaligus membuat postingan sesuai dengan konten videonya.

Dengan membuat postingan di Blog maka pada akhir postingan dapat di selipkan tombol Subscribe agar memudahkan penonton videonya untuk menekan tobol Subscribe.

Caranya mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Anda masuk dulu ke channel YouTube anda. Klik pengaturan atau Setelan, lanjut ke Setelan lanjutan, kemudian copy Id Channel YouTube anda, simpan sementara di Notepad. Atau langsung masuk ke alamat berikut : https://www.youtube.com/account_advanced

Gambar 1.

2. Setelah Id Channel anda dapatkan, kemudian anda masuk ke situs YouTube > Subscribe Button.. Atau masuk ke halaman Google Developer dibawah ini:
https://developers.google.com/youtube/youtube_subscribe_button

Pastekan Ide Channel anda seperti gambar dibawah. 

Gambar 2.

3. Selanjutnya terus ke bawah. Lihat Layout,  kemudian pilih defalt atau full.
Kalau Default: hanya tombol
Kalau Full: tampil foto dan nama Channel

Gambar 3.

4. Lanjutkan kebawah pada Theme:
Kalau Default: Warna background putih
Kalau Full: Warna background gelap.

Gambar 4.

5. Terus  lihat Subscriber count:
Subscriber count : default atau hidden. Kalau default nampak jumlah Subscribe, kalau hidden: tidak terlihat.

Gambar 5.

6. Terahir copy Script yang muncul dibawah, letakkan pada halaman postingan blog sesuai selera anda, apakah dibawah postingan, di Sidebar, Footer, Header atau lainnya. Jika berhasil, akan tampil dibawah postingan seperti dibawah ini. Pada Sidebar akan tampil tombol Subscribe seperti  diatas Video.

Demikian tutorial Cara Memasang Subscribe YouTube Pada Postingan Blog, silahkan anda mencoba, semoga bermanfaat.

Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Memasang Subscribe YouTube Pada Postingan Blog "