Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Kolom Komentar & Cara Memasang Pada Sidebar Blog

M engomentari sebuah tulisan atau artikel pada blog memang bukan merupakan suatu keharusan. Kita bisa berkomentar atau tidak sesuai dengan kepentingan kita.

Ada beberapa alasan seseorang untuk berkomentar pada Kolom Komentar postingan blog. Sehingga kolom komentar penting adanya karena mempunyai fungsi yang banyak, diantaranya:

1. Mengungkapkan rasa kekaguman pada sang penulis atas isi artikelnya yang dibuatnya.

2. Merasa berguna dan terbantu dengan postingan tersebut untuk menyelesaikan masalahnya, sehingga pembaca perlu mengungkapkan rasa terimakasihnya pada penulis.

3. Ada sesuatu yang akan ditanyakan berkaitan dengan isi artikel sehingga terjadi komunikasi antara pembaca dan penulis.

4. Untuk memberikan kritik dan saran barangkali terjadi kesalahan, apakah kesalahan pada penulisan huruf, kata, kalimat, paragraf dan lain sebagainya. Kita tahu, manusia tak ada yang sempurna. Seprofesianal apapun manusia pasti berangkat dari kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan.

5. Sebagai sarana dialog atau komunikasi untuk memperbanyak teman dan sahabat. Bukan tidak mungkin berangkat dari dialog dan komentar-komentar pada kolom komentar blog bisa meningkat menjadi sebuah persahabatan yang lebih intens.

6. Meningkatkan return visitor. Ketika seseorang berkomentar pada kolom komentar blog, maka wajib hukumnya bagi penulis untuk membalas komentar pembaca. Lebih-lebih bilamana menyangkut komentar tentang isi artikel.

Pembaca berharap akan ada respon dari penulis, maka dia akan berkunjung kembali pada blog, sehingga blog menjadi ramai pengunjung. Otomatis trafik blog meningkat dan ini dicatat oleh Googgle Analytics.

Cara Memasang Komentar Terbaru pada Sidebar Blog

Disamping komentar blog ada pada setiap postingan, letaknya berada dibawah postingan atau artikel, komentar pembaca dapat juga diletakkan pada Sidebar Blog. Jumlahnya dibatasi hanya pada komentar terbaru sampai 5 komentar.

Bagaimana caranya ikuti langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk ke Tata Letak pada dasbor blog.

2. Klik tambahkan Widget dan pilih Feed.

Gambar 1

3. Setelah klik Feed akan muncul laman seperti dibawah ini. Isikan script dibawah ini pada kolom URL Feed:"URL Blog anda"/feeds/comments/default. Ganti "URL Blog anda" dengan alamat blog anda.

Gambar 2.
4. Setelahanda klik Lanjutkan sebagaimana gambar 2 diatas, maka akan atampil seperti dibawah ini: Ikuti sesuai gambar sampai selesai.

Gambar 3

5. Setelah anda klik Simpan pada gambar 3, maka hasilnya bisa anda lihat pada Sidebar blog anda. Untuk posisi peletakannya, mau diatas, ditengah atau dibawah terserah anda.

Demikian Fungsi Kolom Komentar & Cara Memasang Pada Sidebar Blog, silahkan anda coba. Semoga bermanfaat dan Salam Sejahtera untuk anda semua.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

3 comments for "Fungsi Kolom Komentar & Cara Memasang Pada Sidebar Blog"

  1. Eselle' onggu ropana dashboard blogger.

    Mator sakalangkong se ampon adu'um elmo kengenge gadget kolom komentar se badha e blogspot malar moga raja pegunaepon dha' sadaja blogger kong-langkong dha' badan kaula.
    💪📝📝📝

    ReplyDelete
  2. Enggi...mator kaso'on komentar epon. Malar moga deddia manfaat. Aamiin!

    ReplyDelete