Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghindari Copy Paste Plagiator.

Girl in a jacket

M embuat postingan atau artikel di Blog tidak semudah yang dibayangkan. Jika tema yang akan kita buat menjadi artikel itu diluar zona pengetahuan atau keilmuan kita, maka untuk membuat artikel itu butuh waktu yang lama karena kita harus mempelajari dulu dari berbagai sumber. Tetapi jika  artikel yang kita buat masih dalam batas keilmuan kita, maka dengan mudah kita bisa menyelesaikannya. Tetapi apapun namanya mencipta, pasti membutuhkan upaya yang sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal sesuai yang diharapkan. 

Tetapi alangkah naifnya, jika upaya kita kadang tidak dihargai. Penghargaan dalam bentuk bukan sanjungan atau acungan jempol dalam ruang komentar, tetapi lebih kepada penghargaan terhadap hak cipta sebuah karya. Seharusnya kalau kita tertarik dengan karya orang lain, cukup kita jadikan rujukan atau kita share dalam naskah aslinya sekiranya itu bermanfaat untuk orang lain.

Kadang sebagian orang dengan seenaknya mengcopy paste hasil karya orang lain atau memodifikasi sebagian beberapa kalimat atau paragraf, kemudian di share kembali atas nama hasil karyanya sendiri. Inilah yang dinamakan dengan Plagiat, yaitu mengcopy paste hasil karya orang lain, dirubah seolah-olah merupakan buah karyanya sendiri.

Untuk meminimalisir kegiatan plagiator ini, ada cara agar postingan/artikel kita di Blog tidak bisa di copy oleh orang lain. Bagaimana caranya, ikuti tutorial berikut ini.

1. Cara Pertama: Bisa dicopy sebagian.

Cara pertama ini mengakomodasi pembaca agar bisa mengcopy sebagian teks yang di mark up ( HTML) seperti yang ada dalam kotak script dibawah. Ini biasanya terjadi pada Blog yang postingannya menyediakan berbagai tutorial. Script menggunakan CSS gabungan sehingga tidak akan mempengaruhi speed dari blog anda.

Langkah-langkahnya sebagai berikut

1. Masuk ke dasbor blog, klik Tema, Edit HTML , Lompat ke Widget, Header 1, agar memudahkan pencarian tekan Control F, masukkan script dibawah ini diatas </head> 


<style type='text/css'>#Blog1{display:block;

-khtml-user-select:none;

-webkit-user-select:none;

-moz-user-select:none;

-ms-user-select:none;

-o-user-select:none;

user-select:none;

unselectable:on;}

#Blog1 .script{display:block;

-khtml-user-select:text;

-webkit-user-select:text;

-moz-user-select:text;

-ms-user-select:text;

-o-user-select:text;

user-select:text;

unselectable:off;}</style>


2. Jangan lupa simpan, kemudian lihat hasilnya. Jika belum berhasil, lihat kembali kotak script yang anda pakai menggunakan tag HTML "< Script > " atau "< Style >". Jika gabungan InsyaAllah akan berhasil, seperti contoh dibawah ini:

<div class="script" style="background-color: white; border: 3px #1780dd Double; padding: 10px; text-align: left;">SILAHKAN DIGANTI DENGAN KODE-KODE SCRIPT YANG INGIN DIPOSTING</div>

2. Cara Kedua: Tidak bisa di copy seluruh postingan.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.  Sama seperti cara yang pertama , masukkan script dibawah ini diatas < /head >

<script type="text/javascript">

if (typeof document.onselectstart!="undefined") {

document.onselectstart=new Function ("return false");

}

else{

document.onmousedown=new Function ("return false");

document.onmouseup=new Function ("return true");

}

</script >


2. Terahir simpan, lihat hasilnya. Maka semua postingan tidak akan bisa dicopy. Untuk mengakomodasi pembaca jika Blogger menyajikan tutorial yang ada script HTMLnya maka pembaca diarahkan untuk mendownload di link yang lain.

Demikian tutorial agar postingan blog aman dari copy paste plagiat. Dalam hal ini saya mengetrapkan cara yang pertama agar anda mudah mempelajarinya. Silahkan anda coba di blog anda semoga bermanfaat.
Sumber Script:
http://www.webbudi.com/2016/01/membuat-postingan-blog-tidak-bisa.html
https://www.steffifauziah.com/2019/04/agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Cara Menghindari Copy Paste Plagiator."