Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari Postingan BLog, Draft Yang Terhapus

B agi seorang Blogger membuat postingan atau artikel pada blog adalah suatu keharusan. Ibarat membuat rumah, setelah dibangun lengkap dengan aksesoris yang indah kemudian ditinggal, maka tak akan ada orang yang mengunjungi rumahnya. Begitu juga dengan blog. Seorang blogger akan selalu mencari ide-ide baru agar dapat membuat artikel untuk mengisi blognya.

Membuat sebuah artikel bisa dikatakan gampang-gampang susah. Jika artikel itu dibuat berdasarkan pengalaman yang pernah dialami dan dalam batas zona pengetahuan yang kita punya, maka membuat artikel tidak membutuhkan waktu lama untuk selesai dan diposting.

Tetapi jika artikel itu di luar batas zona pemahaman dan pengetahuan kita, maka sebuah artikel itu mungkin butuh waktu yang tidak sedikit, karena harus mencari dan mempelajari dari berbagai sumber agar artikel itu layak untuk dipublikasikan.

Artikel yang belum dipublikasikan akan tersimpan dalam draf secara otomatis jika menggunakan Laptop atau PC. Tetapi jika menggunakan android, maka harus disimpan secara manual dengan dua pilihan yaitu simpan atau hapus. Lihat gambar dibawah!


Membuat artikel tidak harus langsung jadi. Maka untuk memudahkan kita bekerja, sewaktu-waktu muncul ide baru untuk melanjutkan artikel, maka cara yang paling ideal untuk bekerja adalah dengan menggunakan android. Persoalan biasanya muncul ketika kita lupa menyimpan, maka apa yang sudah kita tulis menjadi percuma.

Yang lebih parah ketika kita lelah atau ngantuk, jari-jari yang harusnya menekan tombol simpan, keliru menekan tombol hapus. Maka habislah pekerjaan yang telah kita buat dengan susah payah, tiba-tiba hilang lenyap entah kemana dikau kan kucari...heee. Lebih-lebih bilamana artikel itu sudah hampir rampung dan termasuk artikel yang menarik, aktual dan susah dibuat maka lengkaplah sudah kegalauan dan penyesalan yang terjadi.

Kejadian diatas bukan tidak mungkin menimpa diri kita. Tetapi jangan khawatir jika itu terjadi pada anda. Banyak jalan menuju Roma.

Caranya mudah untuk mencari draf artikel atau postingan yang terlanjur terhapus. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Masuk ke dasbor blog.

2. Tekan Control + H secara bersamaan.

3. Akan tampil semua history yang pernah kita buka pada blog.

4. Ingat kapan terahir kita membuka blog. Kemudian cari diantara sekian banyak history yang tersimpan itu. Begini tampilannya.


5. Kalau sudah ketemu klik... lalu copy... kemudian simpan di Notepad.

6. Buka lagi dasbor blog anda, lalu copy artikel yang ada di Notepad, kemudian pastekan pada laman postingan anda. Tetapi perlu anda tahu bahwa history yang tersimpan adalah kapan terahir anda menyimpan, sedangkan lanjutan tulisan yang anda buat saat anda menghapus, tidak akan tersimpan dalam history.

Demikian tutorial cara mencari postingan blog yang terhapus. Semoga Bermanfaat dan Salam Sejahtra untuk Anda.

Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

4 comments for "Cara Mencari Postingan BLog, Draft Yang Terhapus"

  1. Tq, Bos. Lgsg sy praktekkan.
    👏💪💯

    ReplyDelete
  2. Sama-sama. Terimakasih kunjungannya. Mudah-mudahan bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Sama-sama bos Em Ram Ly, monggo silahkan.

    ReplyDelete
  4. Oke pak terima kasih,,,nanti di praktekan

    ReplyDelete