Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Label pada Postingan Blog & Cara Menampilkan pada Sidebar

Ketika kita ingin membuat postingan di Blog maka ada tiga hal yang muncul dihalaman postingan. Khususnya bilamana kita akan memulai membuat postingan itu di android. Pertama adalah Judul, kedua Isi dan ketiga adalah Label.

Judul dan Isi postingan atau artikel pasti harus dibuat. Tetapi Label adalah sebuah pilihan dan bisa kita abaikan. Tanpa labelpun postingan bisa kita publikasikan dan pembaca tidak akan melihat dan peduli sebuah postingan ada labelnya atau tidak.

Apa itu Label.

Label adalah fitur pada blog yang berguna untuk membuat klasifikasi atau pengelompokan tulisan/konten yang memiliki kesamaan dalam tema atau katagori tertentu. Ini biasa kita kenal dengan folder pada Microsoft Office. Misalnya anda ingin membuat 'bagaimana cara membuat blog baru'. Label yang sesuai dengan itu misalnya Tutorial Blog dsb.

Pada awal kita belajar ngeblog atau awal belajar membuat postingan pengunaan label biasanya malah belum terpikirkan. Bahkan apa itu label dan untuk apa label dibuat sama sekali belum terlintas dipikiran kita. Seiring perjalanan waktu, karya atau artikel kita semakin banyak yang kita publikasikan, maka baru mulai terasa pentingnya sebuah label.

Pentingnya Label

Apa saja pentingnya label disematkan bersamaan dengan postingan antara lain:
* Postingan/artikel kita menjadi lebih terstruktur dan rapi sesuai dengan label atau katagori.
* Mempermudah pencarian bagi pembaca untuk mencari tulisan atau artikel.
* Label dapat ditambahkan pada gadget dan ditampilkan pada sidebar atau menu navigasi blog.
* Menjadi amat penting ketika anda ingin membuat Sitemap atau Daftar Isi. Dengan membuat label pada setiap postingan maka secara otomatis artikel yang baru anda publis akan masuk kedalam daftar isi. Bagaimana cara membuat Sitemap atau Daftar Isi ikuti postingan berikutnya...hehe...

Cara Menampilkan Label pada Sidebar

1. Masuk ke tata letak pada dasbord. Scrol kebawah cari tambahkan gadget disamping kanan atau sidebar.
Gambar 1

2. Klik tambahkan gadget. Akan muncul seperti dibawah ini:
Gambar 2

3. Klik tanda plus akan muncul gambar seperti dibawah ini. Ada banyak pilihan, semua label atau hanya label yang dipilih. Tersusun berdasarkan abjad ( alfabetik ) atau berdasarkan frekwensi postingan. Mau menampilkan jumlah postingan perlabel atau tidak, semua pilihan hanya tinggal centang. Terahir jangan lupa simpan.

Gambar 3

Demikian pentingya label ini, sehingga bagi anda yang belum membuat label pada postingan blog mulai sekarang sudah mulai bisa dicoba. Cobalah pada postingan yang sudah dibuat dengan cara masuk ke dasbor halaman postingan, kemudian edit postingan lalu tambahkan label di pojok kanan atas. Publikasikan kembali...selesai. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Pentingnya Label pada Postingan Blog & Cara Menampilkan pada Sidebar"