Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

FOKUS

Fokus secara umum dapat diartikan dengan konsentrasi. Mengerahkan segala daya dan upaya terpusat pada satu tujuan untuk mencari solusi atau jalan keluar. Dalam hal-hal kecil seseorang sering mengatakan gagal fokus sehingga mengakibatkan salah paham/pengertian terhadap sebuah masalah. Dalam hal-hal besar gagal fokus bisa mengakibatkan gagalnya seseorang meraih sebuah impian/cita-citanya. Ibarat seorang pemanah, jika dia tidak fokus maka jangan diharap mengenai titik sasaran yang dituju.

Tidak semua orang punya kemampuan untuk tetap fokus sehingga terhindar dari distraksi yang mengakibatkan seseorang gagal fokus dari tujuan awal. Disinilah fokus kemudian menjadi mahal. Betapa bannyak orang yang gagal dalam hidupnya karena terpengaruh oleh hal-hal lain yang menggiurkan sehingga mengakibatkan tidak fokus untuk meraih impian besarnya.

Fokus salah satu kunci sukses.

Hampir semua pekerjaan dalam kehidupan manusia perlu diupayakan untuk mencapai keberhasilan. Apakah itu seorang petani, pedagang, pengusaha, seniman, ilmuwan, rohaniawan, politikus, pejabat dll. Fokus adalah salah satu kunci sukses untuk mencapai tingkat tertinggi dari upayanya.

Seorang petani harus fokus dalam bertani yakni mengupayakan bagaimana mengolah tanah, mencari bibit yang unggul, memupuk, mengupayakan tehnologi tepat guna agar hasil pertaniannya terus meningkat. Upaya ini agar terus dilakukan step by step tanpa henti dan tetap fokus sehingga kemudian menjadi seorang petani yang sukses.

Seorang pedagang harus fokus mengembangkan dagangannya dengan berbagai upaya dan trik-trik tertentu agar dagangannya laris sehingga secara perlahan dan pasti menjadi pedagang yang sukses, dari semula pedagang eceran menjadi grosir, distributor dan seterusnya.

Seorang pengusaha harus fokus mengembangkan usahanya dengan mengikuti perkembangan pasar agar usahanya terus berkembang. Dari pengusaha kecil dengan berbekal fokus dengan terus berinovasi tanpa kenal lelah maka ia akan terus meningkat menjadi pengusaha kelas menengah, pengusaha besar Nasional bahkan go internasional.

Seorang seniman harus tetap fokus menggeluti dunia seninya agar jiwa seninya terus terasah sehingga menghasilkan karya seni yang bagus dan indah. Secara perlahan karyanya pasti dikenal oleh masyarakat. Dengan tetap fokus dan berkarya, suatu saat pasti akan menghasilkan karya-karya yang bagus dan fenomenal sehingga karyanya tidak hanya dikenal didalam negeri tetapi juga akan dikenal oleh dunia.

Bagi para pejabat dan politikus tetaplah fokus meniti karirnya menjadi pelayan masyarakat sehingga karirnya terus meningkat menjadi pejabat publik yang kebijakannya akan dikenang oleh masyarakat sebagai pejabat yang arif dan bijaksana.

Bagi para pembelajar, ilmuwan dll. untuk mempelajari sesuatu yang baru agar bisa punya pemahaman yang maksimal terhadap suatu masalah maka fokus adalah kuncinya. Pemilihan sarana dan prarana belajar penting dilakukan agar terhindar dari rasa bosan dan jenuh sehingga tetap fokus belajar dan mencapai hasil yang luar biasa.

Bagi para rohaniawan teruslah fokus mengembangkan kehidupan kerohaniannya. Jika dia beragama Islam maka bukan hanya seorang Kiyai atau Ustad yang harus fokus mengembangkan kehidupan kerohaniannya. Setiap muslim malah dianjurkan untuk mengembangkan sisi kehidupan kerohaniannya seimbang dengan kehidupan lahiriyahnya. Untuk mengembangkan kehidupan kerohanian sehingga mencapai derajat yang tinggi disisi Allah SWT dengan predikat Taqwa, tak ada jalan lain kecuali beribadah dengan bersungguh-sungguh, sabar dan ikhlas, fokus di jalan Allah.( je' le tolean ). Fokus dalam Islam identik dengan khusuk. Suatu keadaan dimana suasana hati dan pikiran benar-benar tertuju hanya kepada Allah dengan meniadakan yang lain selain Allah. Berikut dalam Al-Qur'an dan Hadist Nabi Muhamamad SAW. menyebutkan:

"Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah lupakan bagianmu diduniadan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan." Al-Qasas(28) ayat 77

"Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat kecuali orang-orang yangkhusuk."Al-Baqarah (2) ayat 45

“Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk,laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar."Al-Ahzab (33) ayat 35.

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan.” (HR Muslim).

Jadi fokus dapat dimaknai sebagai upaya yang serius dengan kesungguhan hati untuk mencapai keberhasilan dimulai dari awal sampai akhir dengan berbekal ikhlas dan sabar. Mudah-mudahan bermanfaat, teruslah berkarya dengan istiqamah mengulik hal-hal baru sesuai profesi masing-masing dan tetap fokus pada tujuan dan mimpi-mimpi besar anda. Sukses selalu...Aamiin.

Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "FOKUS"