Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Sitemap Blog Berdasarkan Label & Menampilkan di Sidebar.

Sitemap Blog atau Daftar Isi Blog adalah daftar yang memuat semua judul artikel blog yang sudah dipublikasikan. Agar terlihat rapi dan terstruktur setiap judul dikelompokkan berdasarkan label atau katagori. Dari sinilah baru kita bisa membuat Sitemap berdasarkan label.

Untuk apa Sitemap dibuat?

Ibarat sebuah karya tulis ilmiah pada halaman awal dipastikan ada Daftar Isi yang memuat kerangka isi keseluruhan artikel/buku. Dengan membaca daftar isi pembaca akan memiliki gambaran awal tentang isi sebuah karya tulis.
Daftar Isi Blog juga demikian, gunanya tentu saja banyak antara lain:
* Memudahkan pembaca mencari artikel yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya.
* Menarik pembaca untuk mengunjungi blog kita dengan membuka artikel artikel lain yang sesuai sehingga trafik blog bisa meningkat.
* Bisa mengurangi Bounce Rate dengan menahan pembaca berlama-lama mengunjungi blog kita.
* Sebagai bagian dari syarat untuk bisa diterima oleh Google Adsense jika nanti mengajukan, sehingga kita bisa memperoleh tambahan income dari iklan yang terpasang.

Cara Membuat Sitemap atau Daftar Isi.

Mari kita ikuti step by step langkah-langkahnya.

1. Baca dan copy script dibawah ini.

<script src="https://cdn.rawgit.com/D-dig/js/gh-pages/sitemap1.js"></script><script src="https://www.Alamat URL Blog /feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

2. Masuk ke halaman statis pada dasbor blog. Pastikan mode halaman HTML, tulis judul "Sitemap atau Daftar Isi" terserah anda, lalu pastekan Script diatas.

3. Ganti "Alamat URL Blog (yang berwarna merah) "dengan alamat URL Blog anda.

4. Ubah Setelan halaman di pojok kanan atas dengan cara klik Opsi, Komentar pembaca, Jangan izinkan , sembunyikan yang telah ada.
Gambar 1

5. Simpan dan Publikasikan.

Cara menampilkan Sitemap atau Daftar isi.

1. Masih tetap di halaman dasbor, klik Tata letak.

2. Scroll kebawah cari Tambahkan Gadget kemudian klik + Halaman. Centang Sitemap...Simpan maka Daftar isi ini akan tampil pada Sitebar blog.

Gambar 2

3. Jika ingin menampilkan pada Menubar sebagai menu navigasi anda harus masuk ke Tema, Sesuaikan, Edit HTML, Lompat ke widget, Header 1, Control F, ketikkan "menu" lalu enter, anda akan diarahkan untuk membuat menubar baru dengan bahasa HTML lalu cari dan copy alamat URL Sitemap yang telah anda buat di Halaman statis kemudian pastekan . Cara ini agak ribet untuk pemula, jadi sebaiknya ditampilkan di Sidebar saja.
Gambar 3

Demikian cara sederhana membuat Sitemap berdasarkan label & cara menampilkan pada Sidebar dan Menubar. silahkan anda coba bagi yang belum. Semoga bermanfaat, tetap jaga kesehatan dan Salam Sejahtra untuk anda.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Sitemap Blog Berdasarkan Label & Menampilkan di Sidebar."