Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Video YouTube di Sidebar Blog

Gambar 1

M enampilkan Video YouTube pada Sidebar Blog adalah pilihan aksesoris agar tampilan blog lebih menarik. Pada template blog terbaru hampir semuanya sudah menyematkan Video YouTube pada sidebar blog.

Bagi seorang YouTuber sekaligus Blogger memasang Video YouTube bisa sebagai ajang promosi dari hasil karyanya untuk menambah Like dan Subscribe pada videonya. Bagi seorang Blogger diharapkan bisa mengurangi Bounce Rate pada blognya dengan membuka halaman-halaman lain pada blog sambil lalu mendengarkan musik atau menikmati videonya.

Bagaimana caranya mari kita ikuti langkah-langkahnya.

1. Cari video di YouTube, bisa video hasil karya kita sendiri yang sudah diupload atau video orang lain, kemudian buka.

2. Klik kanan video pilihan anda, muncul pilihan < > Salin Kode Semat atau kode embed, lalu klik, hasilnya simpan sementara pada Notepad (lihat gambar 1).
3. Kemudian kita masuk ke dasbor blog, klik Tata Tetak, Tambahkan Gadget, klik HTML/JavaScript.

Gambar 2

4. Pastekan Kode Semat video yang kita simpan di Notepad tadi seperti gambar dibawah.
Gambar 3
5. Jika otomatis ingin video berputar atau berjalan tambahkan ?rel=0&amp;autoplay=1 diakhir URL video. Autoplay hanya berjalan di mode dekstop, sedangkan pada mode mobil tetap harus manual.
https://www.youtube.com/embed/E_ng-VvkKp0?rel=0&amp;autoplay=1

6. Ubah ukuran video pada gambar diatas dengan lebar (width)= 350, tinggi (height)= 200, kemudian klik Simpan...Selesai.

7. Atur tata letaknya di Sidebar apakah di atas, di tengah atau di bawah dengan menekan pointer sambil menggeser posisi video sesuai yang anda kehendaki. Lihat tampilan blog pada gambar 4. dibawah.

Gambar 4

8. Untuk mengganti video, anda cukup cari video baru, lakukan cara yang sama, ambil alamat URLnya lalu pastekan pada alamat URL dari video yang lama seperti gambar 3 pada tulisan berwarna biru diatas. Simpan..selesai.

Demikian tutorial cara memasang Video YouTube pada halaman blog. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "Cara Memasang Video YouTube di Sidebar Blog"