Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KEGEMUKAN & CARA ALAMI MENGATASINYA


Kegemukan atau istilah kerennya obesitas adalah menumpuknya lemak yang berlebihan didalam tubuh seseorang sehingga kelihatan gemuk. Kegemukan terjadi akibat kadar kalori yang masuk lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh. Kelebihan kalori ini kemudian diubah menjadi cadangan makanan dalam bentuk lemak. Jika ini berlangsung terus tidak saja akan mempengaruhi penampilan fisik yang kurang sedap tetapi akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, jantung koroner, artritis dls. Selain secara fisik dapat pula menyebabkan masalah psyikologis lainnya seperti stres dan depresi.

Penyebab utama kegemukan adalah jarangnya seseorang beraktifitas/kurangnya gerak dan pola makan yang tidak sehat. Kebiasan tidur setelah makan dapat pula memicu peningkatan berat badan karena kalori yang tidak terpakai diubah menjadi lemak. Pada awalnya seseorang biasanya tidak menyadari bahwa berat badannya meningkat terus, baju yang biasa dipakai seringkali tidak muat dan harus buat baju baru lagi. Dia baru menyadari ketika orang-orang disekitarnya mulai mengingatkan.

Cara gampang untuk mengukur kegemukan dengan melihat Indek Masa Tubuh (IMT). Berat badan(kg) bagi kwadrat tinggi badan(m). Jika IMT lebih dari 25 berarti kelebihan berat badan . Jika lebih dari 27 berarti termasuk obesitas. Cara lain yang popoler adalah dengan mengetahui lingkar pinggang. Standar dari Departemen Kesehatan RI adalah untuk pria 90 cm, untuk wanita 80 cm.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kegemukan. Bisa dengan cara medis dengan berkonsultasi ke dokter. Dokter akan mendiagnosis dan menentukan langkah apa yang harus dikerjakan. Dalam kasus-kasus tertentu bahkan sampai pada tindakan medis berupa operasi. Untuk menurunkan berat badan dapat pula dilakukan dengan cara mandiri dan alami. Berikut tipnya.

Cara Alami Mengatasi Kegemukan.

1. Ikuti Sunnah Rasul.

Bagi yang beragama Islam, contoh tauladan sudah diberikan 14 abad yang lampau oleh Nabi Muhammad SAW. yakni ikuti pola makan sehat ala beliau.

'Tidaklah anak Adam memenuhi wadah yang lebih buruk dari perut. Cukuplah bagi anak Adam memakan beberapa suapan untuk menegakkan punggungnya. Namun jika ia harus (melebihinya), hendaknya sepertiga perutnya (diisi) untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiganya untuk bernafas'.( Al- Hadist riwayat HR. Tirmidzi).

Cara ini memang nampak sederhana, tetapi pada pelaksanaannya memerlukan kedisiplinan tingkat tinggi. Godaan biasanya datang ketika kita menghadiri undangan, pesta, makan di warung dls. Jika sekali melanggar cenderung untuk mengulangi kedua kalinya, begitu seterusnya ahirnya kembali pada kebiasaan lama. Pada kenyataannya jarang orang mampu melaksanakannya karena harus dilakukan sepanjang hayat secara konsisten. Tetapi bukan tidak mungkin jika ada kemauan yang kuat.

2. Diet dengan Puasa.

Tidak bisa dengan cara yang pertama, lakukan dengan cara kedua yakni dengan cara berpuasa. Dalam Islam ada puasa wajib, ada banyak macam puasa sunnah. Carilah momentum yang tepat jika ingin melaksanakannya. Sebab kalau tidak, akan jauh panggang dari api. Momentum tahunan bulan suci Ramadhan jadikan awal kebulatan tekad untuk menurunkan berat badan. Setelah satu bulan berpuasa wajib, lanjutkan dengan berpuasa sunnah. Puasa Senin-Kamis, Puasa Nabi Daud, Puasa Ayyamul Bidh dan puasa sunnah yang lainnya bisa jadikan rujukan. Laksanakan puasa dengan baik dengan catatan dimalam hari jangan balas dendam. Pola makan tetap harus dijaga, jangan sampai berlebihan.

Sedikit tip cara konsumsi makanan saat berpuasa. Berbuka puasa dengan buah kurma. Tiga butir kurma kalorinya setara dengan sepiring nasi. Atau rendam 3 butir kurma dengan segelas air panas sekitar 7 jam kemudian jadikan awal berbuka berpuasa. Makan kurma dan minum bersama air rendamannya. Lakukan hal sama pada saat makan sahur, jika malas mengkonsumsi makanan yang lain. Ingat lakukan sahur diakhir waktu karena ini adalah sunnah.

3. Minum Madu.

Jika cara yang pertama dan kedua belum dapat dilakukan atau dalam pelaksanaannya belum konsisten maka dapat dicoba cara alami yang ketiga yaitu minum madu. Madu mengandung nutrisi seperti fruktosa, glukosa, maltosa, sukrosa dan zat-zat lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Jangan terlalu terjebak dengan dikotomi madu asli atau tidak. Kalau ada madu alam dan mampu membelinya lebih baik. Jika tidak, madu ternak mungkin lebih mudah mencarinya dan harganya jauh lebih murah. Madu yang dijual di toko atau apotek bisa juga menjadi alternatif paling gampang jika madu alam dan madu ternak tidak ada atau jika anda masih ragu dengan kwalitas keduanya. Yang penting jangan sampai pertimbangan itu menghalangi anda untuk mengkonsumsi madu.

Cara Mengkonsumsi Madu.

1. Minum 1-2 sendok madu dicampur dengan air hangat 1 gelas dipagi hari sebelum makan yang lain. Jika punya kebiasaan minum air putih setelah bangun pagi, tetap laksanakan. Ubah kalau perlu dengan biasakan minum air hangat, hindari air es atau minuman dingin lainnya.

2. Campur 1-2 sendok madu dalam satu liter air. Jadikan konsumsi rutin bilamana haus. Penderita obesitas biasanya cepat lapar dan haus. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam 'Journal of American College of Nutrition' madu dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

3. Jadikan madu sebagai pengganti gula. Madu mengandung tringliserida lebih sedikit dari pada gula pasir, sehingga minum madu bisa membantu mengontrol berat badan.

4. Lakukan cara yang pertama saat anda mau tidur. Minum madu sebelum tidur membuat tubuh membakar lebih banyak lemak pada malam hari.

5. Jalan Pagi 5 km Setiap Hari.

Penderita obesitas biasanya malas bergerak. Maka lakukanlah olah raga yang paling ringan dan santai dengan jalan kaki kurang lebih 1 jam sehari. Jalan kaki dapat meningkatkan respon tubuh terhadap insulin yang dapat membantu mengurangi lemak pada perut. Jalan kaki dapat meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori ektra yang tidak diperlukan. Prof. Dr. Hamka dalam bukunya Tasawuf Modern untuk memelihara agar kesehatan tetap terjaga, lakukanlah jalan pagi secara rutin kurang lebih 5 km setiap hari sambil menghirup udara segar di pagi hari.

Kerjakan ini semua dengan penuh kesungguhan secara rutin dan konsisten. Ada banyak cara lain yang mungkin bisa dijadikan rujukan tetapi yang terpenting adalah pelaksanaanya. Pilih salah satu cara atau gabungan yang menurut anda bisa anda lakukan. InsyaAllah akan memperoleh hasil yang maksimal. Selamat mencoba. Semoga sukses dan sehat selalu...Aamiin!

Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "KEGEMUKAN & CARA ALAMI MENGATASINYA"