Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MELON TEMBANG KANGEAN

Melon Tembang Kangean

Melon ( Cucumis melo ) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesocarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya. Wikipedia.

Dusun Tembang adalah salah satu kawasan di desa Buddi Kecamatan Arjasa Kepulauan Kangean Kabupaten Sumenep. Untuk mencapainya kurang lebih 20 km dari pusat kota Kecamatan Arjasa kearah selatan.

Dusun Tembang ini pernah viral di tahun 2013. Di perairan Dusun Tembang tiba-tiba muncul secara ajaib daratan baru hanya dalam semalam. Daratan baru dengan tinngi 4 meter diatas dipermukaan laut, lebar 7 meter dan panjang sekitar 2 km memanjang seperti layaknya sebuah dermaga atau tangkis laut.

Daratan baru di perairan Dusun Tembang.( Foto: news.detik.com)

Pada tahun 2017 Dusun Tembang kembali viral. Kali ini viral dengan buah melon hasil budidaya petani setempat. "Melon Tembang" begitu orang menyebutnya menjadi terkenal karena teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis. Tingkat kemanisan ada dikisaran 17 sampai 20 brix. ( Derajat Brix ( simbol ⁰ Bx) adalah kandungan gula dari larutan air. Wikipedia.)

Melon ini adanya hanya musiman, satu kali dalam 1 tahun. Tunbuh dan berbuah dengan baik hanya dimusim kemarau secara alami/herbal di Dusun Tembang. Anehnya jika ditanam didaerah lain dengan bibit yang sama, tekstur dan rasanya jadi berbeda. Makanya hati-hati jika anda ingin menikmatinya. Banyak dijual dipasaran, bahkan saat ini sudah banyak dijual di jalan-jalan diatas pick-up, di trotoar dll. Pastikan anda membeli dari sumber yang dapat dipercaya....heee.

Hingga saat ini belum ada yang mengembangkan secara profesional sehingga bisa dinikmati sepanjang musim. Barangkali perlu kajian yang lebih mendalam dan modal yang cukup agar melon ini bisa berproduksi terus sepanjang waktu, misal dengan pembuatan rumah kaca dll. Peluang bisnis yang menjanjikan...anda minat?
Jika anda sebagai penikmat hubungi nomor ini 087822633193 atau 081330046649.

Tempat: Perum Bumi Sumenkar Asri Kolor Sumenep

Selamat Menikmati Melon Tembang Kangean....!

Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

8 comments for "MELON TEMBANG KANGEAN"

  1. Super mantab. Perlu tester sepertinya Bang haji

    ReplyDelete
  2. Haa...Boleh bisa diatur waktunya

    ReplyDelete
  3. Bikin BLOG nya kurang sempurna, tambahkan lagi foto MILON nya Kim atau update terus berita tentang Milon, bagaimana ceritanya milon ini bisa sampai ke daratan sumenep dan lain sebagainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar...blog ini perlu penyempurnaan terus krn masih pemula. Terimakasih sarannya.

      Delete
  4. Replies
    1. Bisa langsung kontak ke nomor itu pak... Dia adik saya.

      Delete