Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BELAJAR MEMBUAT BLOG BARU

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ


Ini adalah postingan pertama setelah membuat Blog baru, Blog kedua setelah Blog SDN KEBUNAGUNG II. Tak ada kata terlambat untuk belajar.أُطْلُبُواالْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ "Utlubul 'ilma minal mahdi ilal lahdi" Artinya: "Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat". Semangat belajar tetap harus dipelihara karena ini adalah amanah sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW diatas.

Kali ini edisi belajar membuat Blog baru. Merefresh apa yang pernah dilakukan saat pertama berkumpul teman-teman KS SD yang tergabung dalam group WAG 'BIMO CLASSROOM'. Kami belajar bersama membuat Blog pada hari Senin, Tanggal 18 Mei 2020 yang dikomandani oleh Bpk. Saiful Malik, M.Pd, Pengawas Dikmen Dinas Pendikan Kabupaten Sumenep. Napak tilas ini penting dilakukan agar apa yang telah kita pelajari dari awal bisa digali kembali dan diterapkan, lalu mengkombinasikan dengan referensi lain hasil belajar mandiri dari sumber-sumber lain.

Membuat Blog memang gampang-gampang susah. Gampang karena hanya butuh waktu 5-10 menit selesai. Yang susah adalah mengisi blog itu dengan membuat postingan dari hasil karya kita sendiri. Tapi itu semua bisa dicoba. Secara pelan dan pasti seiring berjalannya waktu kalau kita mau belajar pasti bisa dilakukan.

Setiap orang seharusnya memiliki blog. Blog ibarat buku harian. Kita bisa mengisi kapan saja kita mau. Kita abadikan aktifitas keseharian kita dengan mencatat dan memposting di Blog. Lebih-lebih kita sebagai seorang pendidik/guru. Kita bisa latihan menulis, membuat tutorial, artikel dll. Kita bisa berbagi dengan mengeshare karya dan pengalaman kita yang menarik. Bahkan dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini Blog bisa kita jadikan sarana KBM secara virtual dengan mengintegrasikan CLASSROOM sebagai Learning Management System (LMS).

Yang harus dipersiapkan jika kita ingin membuat Blog adalah:
* Jaringan internet.
* Laptop/PC.
* HP Android
* Pengetahuan dasar tentang bahasa pengkodean.
* Fokus, semangat dan istiqamah.

Jaringan internet dibutuhkan karena kita bekerja dalam jaringan didunia maya. Laptop/PC dibutuhkan agar kita lebih mudah dan leluasa dalam bekerja.Hp Android memudahkan kita untuk bekerja dimana saja dan kapan saja ada waktu . Khususnya dalam membuat postingan, dimana ada ide kita bisa langsung membuatnya dan simpan dalam bentuk draf jika belum selesai. Pengetahuan dasar tentang bahasa pengkodean ini penting jika kita ingin lebih dalam memahami mengelola Blog/Web.Fokus, semangat dan istiqamah adalah modal paling utama jika ingin serius menekuni Blog/Web.
Tak perlu berfikir panjang .....silahkan action. Selamat Mencoba.....semoga berhasil!
Nur Hakim
Nur Hakim Fokus adalah salah satu kiat untuk sukses

Post a Comment for "BELAJAR MEMBUAT BLOG BARU"